Friday, July 6, 2018

Tips Agar Tetap Istiqomah


Oleh: Minah, S.Pd.I


Kehidupan  dunia adalah sementara, sedangkan akhirat akan kekal abadi, bahkan perbandingan waktu di dunia hanya beberapa jam saja bila dibandingkan dengan akhirat. Kematian adalah pintu gerbang awal kehidupan akhirat. Apabila manusia sukses memasuki gerbang pertama maka ia akan sukses memasuki gerbang berikutnya yakni akhirat. Kesuksesan itu butuh kerja keras dan kesungguhan didalam beramal sholeh.


Namun, terkadang kehidupan dunia begitu penuh duri-duri didalamnya. Hanya mereka yang kuat dan istiqomah yang mampu menjalani kehidupan itu. Akan tetapi, banyak juga yang tergelincir. Sehingga imanpun naik turun.


Iman kadang naik dan kadang turun, tetapi kita harus berusaha agar dapat menjaga keimanan kita. Berikut sedikit tips agar tetap istiqomah menjaga Islam dan keimanan kita. Agar nantinya kita mampu menjalani kehidupan dunia sesuai dengan aturan yang Allah berikan kepada hambaNya. Lantas, bagaimana tips agar mampu istiqomah? Yuk simak!


Mengkaji Islam


Kegiatan mengkaji Islam, dengan mengenal Islam lebih dalam ini satu-satunya cara untuk mengisi ‘bahan bakar’ tsaqofah kita agar kita tahu mana yang halal dan mana yang haram, mana yang boleh dikerjakan dan mana yang tidak boleh dikerjakan. Mengkaji Islam itu adalah suatu kewajiban. Dengan mengkaji Islam, kita akan mengetahui apa saja yang harus kita lakukan, kita bisa menjaga diri untuk tetap taat dan menjauhi maksiat.




Berteman Dengan Orang Yang Sholeh


Teman sebagai “cermin diri”. Dengan siapa kita berteman, itu menunjukkan diri kita. Maka jika kita ingin tetap istiqomah, bertemanlah dengan orang sholeh yang akan selalu mengajak kita ke jalan kesholehahan bukan kemaksiatan. Jika  kita berteman dengan orang sholeh, maka kita akan selalu diingatkan jika kita berbuat kesalahan. Serta saling menasehati dalam hal kebaikan.


Perbanyak Amalan Nafilah


Perbanyak beramal sholeh, seperti puasa, qiyamul lail, baca al-quran, sedekah dan amalan-amalan nafilah lainnya, meningkatkan ibadah kita, maka akan mampu memperkuat keimanan serta menjaga diri kita. Sehingga perbanyak amalan nafilah/sunnah, kurangi aktivitas mubah, serta tinggalkan yang makruh dan haram.


Berdakwah 


Ilmu untuk diamalkan. Jika kita sudah mendapatkan ilmu Islam maka aplikasikan dalam diri dan dakwahkan. Tsaqofah yang kita miliki akan teruji jika kita sampaikan ke orang lain. Insyaallah dengan  sendirinya kita akan tetap istiqomah.


Semoga dengan tips diatas, kita semakin tetap istiqomah dijalan Allah. Aamin. Dan teruslah untuk mendekatkan diri kepada Allah, tunduk dan taat kepadaNya.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!