Monday, July 2, 2018

Ramadhan Usai, Habis Manis Sepah di Buang


Oleh: Nauratul Rayya (Member Back To Muslim Identity Aceh)


Bulan Ramdhan sering dikatakan sebagai bulan syahr al-Qur'an, kenapa disebut sebagai bulan syahr al-Qur'an? dan apakah yg dimaksud dengan syahr al-Qur'an??? Disebut demikian karena ramadhan bulan syahr al-Qur'an (Bulan Al-Qur'an). 


Al-Qur'an adalah Kalam Allah (Perkataan Allah). Yang dimana kitab suci al-Qur'an diturunkan pada Malam al-Qadar. Allah Swt berfirman:

اِنَّاۤ اَنْزَلْنٰهُ فِيْ لَيْلَةِ الْقَدْرِ


"Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada malam qadar."

(QS. Al-Qadr 97: Ayat 1)


Pada bulan Ramadhan pula, dianjurkan untuk melakukan amal, salah satunya adalah tilawah al-Qur'an. dan salah satu keutamaan tilawah al-Qur'an disabdakan oleh Nabi saw:


ﺍﻗﺮﺃﻭﺍ ﺍﻟْﻘُﺮْﺁﻥ ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﻳَﺄْﺗِﻲ ﻳَﻮْﻡ ﺍﻟْﻘِﻴَﺎﻣَﺔ ﺷَﻔِﻴﻌًﺎ ﻷَﺻْﺤَﺎﺑﻪ ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ )


“Bacalah Al-Quran, kelak ia akan datang di Hari Kiamat

memberi syafaat kepada para pembacanya.” (HR. Muslim).


Dalam hadist lain Rasulullah saw bersabda:


“Barangsiapa yang membaca satu huruf di dalam al-Quran,maka baginya satu kebaikan. Dan setiap kebaikan akan berganda sehingga 10 kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf , akan tetapi alif itu satu huruf, lam itu satu huruf dan mim itu satu huruf”


Riwayat Imam at-Tirmidzi dikitabnya Sunnan Tirmidzi no.

2910, Imam Bukhari di kitab Tarikh, dan Imam al-Hakim di dalam al-Mustadrak. Berkata Syaikh Albani hadits ini Shahih, As-Shahihah no. 3327.


Ramdhan sudah berlalu dan sekarang kita berada pada bulan syawal, tetaplah menjalankan aktivitas-aktivitas kebaikan, salah satunya adalah tilawah al-Qur'an. Membaca, mempelajari, mengamalkan serta mengajarkannya memiliki keutamaan.


Berikut Keutamaan Mempelajari dan Mengajarkan Al-quran.


“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mengerjakan salat dan menafkahkan sebahagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri”.

(Faathir:29-30).


Dalam kitab Shahihnya, Imam Al-Bukhari meriwayatkan sebuah hadits dari Hajjaj bin Minhal dari Syu’bah dari Alqamah bin Martsad dari Sa’ad bin Ubaidah dari Abu Abdirrahman As-Sulami dari Utsman bin Affan Radhiyallahu Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,


خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .


“Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.”


Masih dalam hadits riwayat Al-Bukhari dari Utsman bin Affan, tetapi dalam redaksi yang agak berbeda, disebutkan bahwa Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,


إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ .


“Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kalian adalah yang belajar Al-Quran dan mengajarkannya.”


Semoga ramadhan usai, semangat untuk dekat dengan al-qur'an tidak usai pula. Semoga kita selalu istiqomah dalam mempelajari dan mengajarkan al-Qur'an. Dan berharap menjadi amal sholeh pemberat timbangan kelak di yaumul mizan. 


Wallahu a'lam bisshawab.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!