Sunday, July 8, 2018

Pentingnya Belajar Bahasa Arab



Oleh : Lilik Yani-Praktisi Pendidikan


Dunia Islam mengalami kemunduran karena lemahnya pemahaman umat terhadap ajaran Islam. Makin lama semakin parah kemundurannya, karena umat muslim mulai meninggalkan bahasa Arab. 


Bahasa Arab adalah bahasa umat Islam. Bahasa Arab adalah bahasa penduduk syurga. Bahasa Arab merupakan unsur yang sangat penting yang tidak bisa dipisahkan dari Islam.


Kemunduran itu akan tetap melanda kaum muslim jika kekuatan yang dimiliki bahasa Arab tidak disatukan kembali. Dengan cara menempatkan bahasa Arab sebagai unsur penting untuk kebangkitan Islam.


Mengapa demikian? Karena bahasa Arab memiliki kekuatan besar yang telah turut mengembangkan kharisma Islam. Bahkan Islam dan bahasa Arab merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan.


Ajaran Islam tidak mungkin dilaksanakan secara sempurna kecuali dengan bahasa Arab. Jika meremehkan bahasa Arab sama artinya dengan meremehkan ajaran Islam. Meremehkan bahasa Arab akan menghilangkan ij’tihad terhadap syariat Islam. Karena ij’tihad terhadap syariat tidak mungkin dilaksanakan tanpa terpenuhinya salah satu syarat mendasar yaitu bahasa Arab.


Kedudukan ij’tihad itu sendiri sangat penting bagi umat Islam. Karena umat Islam tidak akan mengalami kemajuan tanpa adanya ij’tihad. Itu berarti umat muslim harus kembali bangkit untuk mengembalikan peran bahasa Arab dengan bersemangat mempelajarinya.


Selain itu, bahasa Arab adalah bahasa Al Qur’an Al Karim. Pedoman hidup ini tidak akan kita pahami makna dan kandungannya, kalau kita tidak memahami bahasa Arab.


Bagaimana mungkin Al Qur’an bisa diterapkan sebagai petunjuk hidup jika kita tidak paham maknanya. Karena Al Qur’an diturunkan dalam bahasa Arab. 


Maka dari itu, tidak ada alasan lagi untuk tidak mau belajar bahasa Arab atau masih menunda-nunda untuk belajar bahasa Arab. Karena bahasa Arab, mutlak diperlukan untuk memahami Al Qur’an untuk menjadi pedoman hidup.


“ Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Qur’an dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya”. ( QS Yusuf : 2 )


“ Sesungguhnya telah kami buatkan bagi manusia dalam Al Qur’an itu setiap macam perumpamaan supaya mereka mendapat pelajaran yaitu Al Qur’an dalam bahasa Arab yang tidak ada kebengkokan ( didalamnya ), supaya mereka bertaqwa “. ( QS Az Zumar : 27-28 )


Oleh karena itu, dengan mempelajari bahasa Arab maka akan lebih mudah untuk memahami al Qur’an, mengajarkan dan mengamalkan isi Al Qur’an.


Selain itu, bahasa Arab itu adalah bahasa yang lembut, indah, kosa katanya paling luas dan bisa menentramkan jiwa.


Ibnu Katsir rahimahullah saat menjelaskan QS Yusuf : 2 menyatakan : 

“ Karena bahasa Arab adalah bahasa yang paling fasih, paling jelas, paling luas kosa katanya dan paling banyak mengandung makna yang menentramkan jiwa “. 


Kemudian beliau juga menyatakan : “ Karena al Qur’an adalah kitab yang paling mulia, diturunkan dengan bahasa yang paling mulia, diajarkan oleh Rasul yang paling mulia, disampaikan oleh malaikat yang paling mulia, diturunkan di tempat yang paling mulia di muka bumi, diturunkan pula pada bulan yang paling mulia yaitu bulan suci Ramadhan”.


Saudaraku, begitu banyak kelebihan bahasa Arab bagi umat Islam. Begitu pentingnya bahasa Arab untuk kemajuan Islam. 


Masih adakah alasan untuk menolak belajar bahasa Arab ?

Masih adakah alasan untuk menunda-nunda untuk segera belajar bahasa Arab ?

Masih adakah alasan untuk tidak bersemangat dalam belajar bahasa Arab ?


Semoga kita semua menjadi bagian dari pejuang-pejuang yang akan membangkitan kembali peradaban Islam, dengan bersemangat belajar bahasa Arab. In syaa Allah.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!