Sunday, June 10, 2018

Silaturahmi, Tak Sekedar Tradisi


Oleh : Tuti Rahmayani,dr


Momen Idul Fitri dijadikan momen silaturahmi bagi umat Islam. Pulang kampung mulai dalam kota hingga lintas negara, semua dijalani demi bertemu orang tua dan kerabat. Semangat silaturahmi yang luar biasa bisa kita rasakan. 

Sebenarnya, Islam mengajarkan silaturahmi tak mengenal waktu. Khusus lebaran saja misalnya. Malah Islam menganjurkan kita untuk saling mengunjungi, baik ketika senang, terlebih ketika susah. 


Namun, apalah daya, di negeri serba materialis dan kapitalis seperti sekarang, jarang-jarang ada cuti sampai semingguan lebih. Tergilas roda rutinitas yang melaju cepat hingga kadang badan terkoyak tak karuan. Boro-boro mikir pulang kampung, sekedar merebahkan diri dengan tenang, susah cari waktunya. Deadline bertumpuk-tumpuk. Kerjaan, tugas sekolah, tugas organisasi dll. Fiuuh...


Padahal banyak hikmah silaturahmi yang bisa dirasakan. Sebagaimana dalam hadist dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda,ُ “Siapa yang suka dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah dia menyambung tali kasih sayang (silaturahmi).” (HR. al-Bukhari dan Muslim).


Karenanya, agar silaturahmi bisa terasa berkahnya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

1. Luruskan niat. Semata menjalankan perintah Allah yang pastinya mengandung keberkahan dan kemaslahatan. Jauhkan diri dari berharap selain pahala. Menata hati akan berdampak pada sikap dan tingkah laku nanti. Bila ikhlas, maka silaturahmi akan dijalani dengan senang hati. Baik ke saudara yang kaya maupun miskin. Yang tua maupun yang muda. 


2. Berbagi walau sedikit. Sesuai hadits rasul saw, "Saling memberi hadiahlah niscaya kalian saling mencintai." (HR. Bukhari).

Buah tangan walau jumlah tak seberapa, sempatkan untuk membawa. Berbagi dengan adik-adik atau keponakan, walau dengan mainan lima ribuan. Karena Idul Fitri adalah Hari Raya, maka semua harus bergembira. 


3. Berbagi kabar. Dari silaturahmi akan dapat informasi kehidupan keluarga. Mungkin bisa berbagi tips kesuksesan, tips dakwah, tips mendidik anak, dll. Dari berbagi kabar, juga kita bisa lebih mensyukuri apa yang sudah kita miliki. 


Semoga silaturahmi kali ini tak sekedar tradisi menghabiskan waktu dan materi. Namun, lebih bermakna sebagai wujud ketakwaan menjalankan perintahNya.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!