Tuesday, June 5, 2018

Sibuk Mencari Malam Berkah


Oleh: Ita Wahyuni


Kesibukan masyarakat dalam mempersiapkan keperluan jelang lebaran adalah suatu budaya yang tak pernah ketinggalan. Dengan fenomena ini, tak heran mereka mulai sibuk mengunjungi pusat perbelanjaan baik pasar tradisional, modern, maupun online untuk berburu baju, mukena, kue, dan lain-lain.


Sayangnya, kesibukan tersebut bersamaan dengan menurunnya semangat ibadah. Ibadah yang awalnya kencang, mulai kendor. Shaf jamaah shalat Isya’ dan terawih semakin maju alias semakin sedikit jama’ahnya. Pengajian yang awalnya rame mulai sepi.  


Sesibuk apapun kita dalam mempersiapkan lebaran, jangan lupa juga menyibukkan diri untuk semakin menggiatkan ibadah kita ya. Karena menjelang akhir ramadhan terdapat malam Lailatul Qadar. Malam yang lebih mulia dari  seribu bulan dan penuh keberkahan. Allah STW berfirman: 


“Sesungguhnya telah kami turunkan Alquran pada pada malam kemuliaan. Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat JIbril dengan izin Tuhan-Nya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS Al Qadr: 1-5)


Itulah keistimewaan malam Lailatul Qadar. Pada malam mulia tersebut umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amalan ibadah. Jika kita bersungguh-sungguh dalam ibadah, sibuk mencari malam yang penuh berkah, maka insyaAllah kita akan semakin dekat dengan-Nya dan akan memperoleh pahala yang berlimpah.


Lalu kapan terjadi malam Lailatul Qadar? Lalilatul Qadar terjadi pada 10 malam terakhir di bulan Ramadhan. Sebagaimana sabda Nabi SWA, “ Carilan Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir dari bulan Ramadhan.” (HR. Bukhari)


Allah SWT sengaja merahasiakan kapan sesungguhnya malam itu terjadi. Tujuannya adalah untuk membedakan antara hamba yang bersungguh-sungguh dalam ibadah dan hamba yang malas beribadah. 


Semoga kita termasuk dalam orang-orang yang senantiasa istiqomah dalam beribadah selama ramadhan. Mari kita hiasi malam-malam dipenghujung ramadhan dengan shalat wajib ataupun sunnah, tilawah Alquran, memperbanyak dzikir dan doa.  Dan semoga Allah memudahkan kita memperoleh malam yang penuh keberkahan tersebut. Aamiin.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!