Wednesday, June 6, 2018

Ramadhan Bulan Penuh Ampunan


Oleh: Minah, S.Pd.I


Ramadhan tak terasa sudah memasuki 10 terakhir, itu tandanya ramadhan sebentar lagi meninggalkan kita, namun selama menjalankan ramadhan ini, apa yang sudah kita lakukan untuk meraih ampunannya? Ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan, yang sering disebut dengan Syahrul maghfiroh. Allah akan senatiasa mengampuni hambaNya, selama kita memohon ampun kepadaNya dan memperbanyak amal sholeh.


Semua amalan yang ada di dalam bulan ramadhan, pasti akan mendapat ampunan atas dosa-dosa yang dilakukan. Dengan melakukan amal yang sesuai dengan perintah Allah.


Inilah salah satu keistimewaan bulan Ramadhan yakni Allah SWT membuka peluang lebar-lebar bagi kita untuk membersihkan dosa dan kesalahan yang selama ini dilakukan yang penting kita melaksanakan puasa Ramadhan dengan landasan iman dan ikhlas serta tidak melakukan dosa-dosa besar. Nabi bersabda:


“Siapa saja yang berpuasa pada bulan Ramadhan dengan landasan iman dan ikhlas akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” (HR Ahmad).


“Shalat lima waktu, Jumat ke Jumat, dan Ramadhan ke Ramadhan menghapus dosa diantaranya selama dosa-dosa besar dijauhi.” (HR Muslim).

“Siapa saja yang berpuasa dan shalat malam (tarawih) karena iman dan ikhlas akan keluar dari dosanya seperti hari dia dilahirkan oleh ibunya.” (HR Ibn Majah dan al-Baihaqi).


Allah pasti akan mengampuni hambaNya, selama kita  bertobat kepada Allah, dengan benar-benar mohon ampun kepada Allah. “Sesungguhnya Allah pasti menerima tobat hamba-Nya selama belum mengalami sakratulmaut.” (HR at-Tirmidzi). 


Bahkan dalam hadits yang lain dijelaskan bahwa Allah SWT sesungguhnya sangat bergembira menyaksikan hambanya yang walaupun berlumuran dosa, datang untuk bertobat.

Karena Allah Maha Pengampun, maka saatnya kita banyak mohon ampunan kepada Allah.


Muslim yang baik bukanlah orang yang tidak pernah melakukan kesalahan, karena itu tidak mungkin. Sudah menjadi tabiat manusia melakukan kesalahan dan kekhilafan. Di samping dorongan hawa nafsu dan tarikan lingkungan juga karena memang setan telah berjanji akan terus menggoda manusia. Akan tetapi, kata Nabi, sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan adalah yang bersegera bertobat. 


“Setiap manusia berbuat kesalahan dan sebaik-baik orang yang melakukan kesalahan adalah mereka yang mau bertobat.” (HR Ad-Darimi). 


Oleh karenanya, sudah saatnya kita memahami bahwa ramadhan adalah bulan yang penuh ampunan, Allah akan mengampuni kita, selama kita mau bertobat yang sungguh-sungguh serta menjalankan amalan sholeh. Semoga ramadhan ini, kita mampu meningkatkan ketakwaan kita dan Allah mengampuni dosa-dosa yang kita lakukan. Aamiin.


#RamadhanBersamaRevowriter

#InspirasiRamadhan

#JemariMenariMinah


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!