Friday, June 1, 2018

Ramadhan : Bulan Nuzulul Qur'an


Oleh : Rindoe Arrayah 


       Nuzulul Qur'an yang secara harfiah berarti turunnya Al Qur'an adalah istilah yang merujuk kepada peristiwa penting penurunan Al Qur'an secara keseluruhan diturunkan dari Lauhul Mahfudz ke Baitul 'Izzah di langit dunia. Lalu diturunkan berangsur-angsur kepada Rasulullah SAW sesuai dengan peristiwa-peristiwa dalam jangka waktu sekitar 23 tahun (Wikipedia).


Allah Ta'ala berfirman dalam QS. Al Baqarah ayat 185 yang artinya, "Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al Qur'an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)."


Peristiwa Nuzulul Qur'an jatuh pada malam 17 Ramadhan. Apa sajakah keistimewaan malam Nuzulul Qur'an dibanding malam-malam lainnya di bulan Ramadhan? 


1. Malam diturunkannya Al Qur'an


Malam Nuzulul Qur'an adalah malam diturunkannya Al Qur'an kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini tidak pernah terjadi di malam-malam yang lain. Al Qur'an diturunkan sebagai pembeda antara yang haq dan yang bathil, serta merupakan petunjuk bagi umat Islam.


2. Malam diturunkannya wahyu yang pertama


Allah Ta'ala menurunkan wahyu yang pertama di malam Nuzulul Qur'an melalui perantara malaikat Jibril. Wahyu yang pertama diturunkan yaitu surat Al 'Alaq ayat 1-5 bertempat di Gua Hira'.


3. Malam di mana Nabi Muhammad SAW diangkat menjadi utusan Allah Ta'ala dan menjadi Nabi terakhir


Allah Ta'ala mengangkat Nabi Muhammad SAW menjadi seorang Rasul di saat beliau berusia 40 tahun meski tanda-tanda kenabian sudah muncul sejak beliau masih kecil.


Sebagai muslim, wajib bagi kita untuk mengimani peristiwa Nuzulul Qur'an ini. Selain itu juga harus memahami dan mengamalkan isi yang ada dalam Al Qur'an.


Malam Nuzulul Qur'an merupakan malam turunnya petunjuk bagi umat Islam dalam menjalankan kehidupan di dunia sebagai bekal menuju kehidupan abadi yaitu di akhirat nanti.


Sangat disayangkan, tidak semua petunjuk yang ada dalam Al Qur'an dipakai sebagai rujukan bagi kaum muslimin saat ini. Sistem kehidupan kapitalis sekuleris telah menggerogoti rasa percaya diri kaum muslimin untuk memiliki kepribadian Islami. 


Semua aturan kehidupan yang ada dalam Al Qur'an hanya akan bisa diterapkan manakala ada institusi yang menaunginya, yaitu Khilafah. Mari teruskan langkah dalam mendakwahkan Khilafah.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!