Wednesday, June 6, 2018

Raih Gelar Takwa, Yuk Sob! 


Oleh : Rakhmalini (Muslimah Peduli Umat dan Generasi) 


Ada rasa syukur juga rasa rindu bila berada diakhir-akhir Ramadhan. Bulan dengan limpahan pahala tentu menjadi momen yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim, sehingga memasuki bulan Ramadhan menjadi hal yang patut disyukuri karena segala amalan akan dilipatgandakan oleh Allah. Namun hari berganti hari tentu ada saat kita akan meninggalkannya dan selanjutnya akan sangat merindukan kembali hadirnya. Namun harus tetap berharap semoga akan dipertemukan kembali dengan bulan Ramadhan ditahun depan. 


Ramadhan hadir atas kasih sayang Allah SWT pada hambaNya. Ibadah puasa yang dijalankan selama bulan Ramadhan tentu tidak dirasakan sebagai siksaan karena ketika menahan lapar dan dahaga disiang hari saat itulah menjadi saat-saat dekatnya diri pada Illahi Rabbi. Melalui ibadah ini pula jaminan ketakwaan akan dapat diraih, Allah SWT dalam firmanNya yang artinya : "Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertaqwa (QS. Al Baqarah 183). 


Makna Takwa


Takwa adalah gelar terbaik yang Allah anugerahkan bagi hambaNya yang benar-benar menyibukkan diri dengan ibadah dengan terus mengharap ridha dan ampunan dariNya. Dalam kamus KBBI Takwa yang memiliki arti terpeliharanya diri untuk tetap melaksanakan perintah dan menjauhi segala laranganNya.


Dalam Alqur'an juga banyak menjelaskan apa saja ciri-ciri orang bertakwa. Gambaran takwa pada diri seorang muslim adalah yang selalu menjadikan Islam sebagai ukuran standar dalam setiap perbuatan. 


Tentu meraih gelar insan yang bertakwa butuh usaha dengan terus meningkatkan kualitas dan kuantitas amal serta tak hanya mencukupkan dengan amalan puasa. Ramadhan bulan dengan limpahan pahala akan sangat sia-sia ketika hanya sebatas menahan lapar dan dahaga. Karena takwa essensinya adalah tunduk dan patuh pada setiap perintah dan larangan Allah SWT. 


Raih Takwa dengan Islam Kaffah


Dari arti kata takwa jelas bahwa setiap hamba yang mengharapkan gelar itu terwujud pada dirinya haruslah selalu terikat pada semua aturan Allah SWT dan mencontoh bagaimana Rasulullah menjalani kehidupan. Itulah bekal penting yang wajib disempurnakan agar gelar tadi dapat diraih dengan sukses. 


Islam sebagai agama yang mengatur ibadah manusia kepada Rabb nya, dan Islam juga sebagai aturan kehidupan yang mengatur seluruh sendi-sendi kehidupan manusia. Hal ini menjadikan Islam tak hanya dilaksanakan hanya pada ranah ibadah mahdhoh semata. 


Kualitas sholat dengan terus berusaha memperbaikinya, memperbanyak zikir, meningkatkan jumlah sedekah selama Ramadhan dan menyibukkan dengan segala amalan ibadah mahdhoh lainnya harus terus ditingkatkan. Namun ada hal yang tak boleh terlewat dan bahkan harus terus dijalankan selama Ramadhan adalah upaya untuk membumikan seluruh aturan Allah SWT. Penerapan Islam secara utuh akan merealisasi seluruh syarat-syarat Allah SWT untuk memperoleh gelar mutaqqin. 


Menjadikan Islam sebagai aturan hidup juga merupakan kewajiban bahkan kewajiban terbesar atas seluruh kaum muslimin tanpa kecuali. Tentu di bulan yang penuh limpahan pahala dan rahmatNya inilah kita kuatkan niat dan upaya untuk terwujudnya Islam kaffah. Melalui terterapkannya Islam dalam segala aspek hidup akan teraih kemuliaan dan kesejahteraan.Wallahua'lam


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!