Friday, June 8, 2018

Pemuda Kudu Dakwah


Oleh: Risa Septiani Indah (Santri Ponpes Darul Bayan)

 

Ibarat peta yang selalu membantu dalam mempermudah menuntun kita agar sampai di tempat tujuan, begitu pula sama halnya dengan dakwah. Dakwah menurut makna harfiah ialah seruan, ajakan. Dakwah merupakan alat pergerakan yang dilakukan oleh manusia kepada manusia lain untuk menyeru kepada kebenaran, membawa kembali mereka yang telah keluar dari jalur keislaman menuju kembali pada sirkuit yang sebenarnya agar kita bersama-sama dapat mencapai finish yang sama yaitu surga-Nya.


Seperti pada kutipan presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno, yang menyatakan "beri aku 10 pemuda maka akan kuguncang dunia". Beliau berpendapat bahwa peran pemuda sangatlah berpengaruh dalam memperjuangkan dan mendirikan sebuah negara. Sama halnya ketika nabi Muhammad SAW berdakwah dulu, tidak terlepas dari peran pemuda/remaja.


Tapi masalahnya, apa yang terjadi dengan para remaja dan para pemuda jaman sekarang? Kebanyakan dari mereka memiliki motto yang sama, "muda foya-foya, tua kaya raya, mati masuk surga", maka dari itulah negara kita ini mengalami kemerosotan dan keterpurukan yang hampir meningkat tiap tahunnya. Kebanyakan pemuda, khususnya pemuda muslim, acuh tak acuh dengan kewajiban yang satu ini, yaitu berdakwah. Padahal jelas Allah berfirman dalam surah Ali Imran ayat 104: "Dan hendaklah diantara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, dan menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang munkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung". Dengan jelas Allah mewajibkan kita membentuk suatu barisan dakwah yang menyeru kepada mereka yang masih menutup diri dari cahaya islam, kepada mereka yang telah keluar dari jalan keislaman menuju kembali pada jalan islam rahmatan lil alamin.


Dan peran pemuda ataupun remaja sangatlah penting, karena masa muda merupakan golden age, masa keemasan. Banyak yang berkata bahwa remaja merupakan masa untuk mencari jati diri, sehingga banyak pula para pemuda yang mencari jati dirinya dengan tujuan yang salah. Maka dari itu pemuda berperan penting untuk berdakwah, mendakwahkan kepada sesama pemuda dan remaja yang sedang mencari jati dirinya agar mereka menemukan jati diri islam yang sebenarnya pada diri mereka. Dan berdakwah kepada segala lapisan masyarakat agar kembali ke jalan yang sesungguhnya, jalan yang diridhoi-Nya, yaitu jalan keislaman. Dan semangat pemuda sangatlah dibutuhkan karena para pemuda memiliki semangat yang berkobar-kobar seperti api yang menyala. Maka tidak ada alasan lagi untuk tidak berdakwah bagi kita semua, khususnya para remaja dan pemuda. Ayo kita sama-sama berdakwah dan bersama-sama meraih kemenangan nyata yang telah menanti kita, yaitu surga Allah Swt. Aamiin.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!