Saturday, June 30, 2018

Mencuat, Tik Tok pun Dihujat



Oleh: umzhafira (Akademi Menulis Kreatif)


Hi Gaes, mesti kenal dong sama aplikasi Tik Tok? Itu loh, aplikasi kekinian yang sedang digandrungi remaja macam kamu-kamu di hampir seluruh dunia termasuk di Indonesia. Hayoo ngaku!


Aplikasi asal negeri Tirai Bambu ini punya _special effect_ yang bakal bikin video kamu semakin keren dengan kemampuannya untuk mendeteksi wajah, lalu membuatnya secara otomatis berekspresi lucu, konyol bahkan memalukan. Si doi juga dilengkapi background musik yang terbilang lengkap dari berbagai _genre music_. Keren kan?


Pemakainnya pun cukup gampang lho. Gag perlu ribet. Sehingga dengan waktu singkat kamu-kamu bisa bikin video keren sesuka hati. Terus upload deh ke semua akun sosmed yang kamu punya! 


Dari sini nih, para pengguna termasuk kamu. Ups! Akhirnya berlomba-lomba berekspresi lewat berbagai kreasi dalam video Tik Tok yang kamu buat. Ya kaaan?


Awalnya sih lucu-lucuan aja. Sekedar seru-seruan untuk menghibur diri dari kejenuhan rutinitas sekolah, ngampus atau kerjaan. Dari sekedar gaya bebas, joget-joget gag jelas sampai video gag pantas yang menuai hujatan dari para netizen.


Seperti halnya sebuah video yang mempertontonkan sekelompok anak-anak cewek sedang sholat lengkap sama mukenanya. Eeh secara tiba-tiba mereka berjoget-joget gag karuan di waktu sholat berlangsung. Apa coba maksutnya? Dimana letak serunya?


Ada lagi seorang anak remaja yang  mengunggah video Tik Toknya, berjoget-joget di depan jenazah sang kakek yang baru saja wafat. Whaat???


Terus ada juga nih, sepasang anak remaja dengan sang cewek yang berkerudung sedang mesra-mesraan  layaknya sepasang kekasih. Tiba-tiba aja gitu sang cowok menarik kerudung sang kekasih yang ternyata cowok juga. Dan mereka pun ketawa-tawa. Gubrakk!!


Platform yang katanya  bakal bikin daya kreatifitas dan imajinasi melejit ini, nyata-nyatanya justru bikin anak-anak muda ini bertingkah kebablasan dan super gag jelas.


Biar makin viral dan populer maka mereka-mereka ini, berlomba-lomba bikin video yang fenomenal. Yang pasti belum dilakuin sama netizen manapun.


Muncullah ide-ide gila gag masuk akal seperti yang udah dijelasin di atas. Sampai-sampai ada yang harus berurusan sama pihak berwajib karena bikin video Tik Tok di jalan raya. Helllooow?!?


Fiuuh... Remaja saat ini emang cenderung ikut-ikutan tanpa tujuan yang gag jelas. Iya gag sih? Asal seneng bisa dikenal banyak orang meski harus mempermalukan diri sendiri. PLAK!!


Walhasil kecaman dan hujatan terpaksa mendarat ke aplikasi terlaris yang mengalahkan aplikasi Whatsapp ini.


Bahkan banyak warga net mencapnya sebagai aplikasi alay dan meminta untuk menutup aplikasi yang satu ini. Soalnya penggunanya memang kebanyakan adalah anak-anak alay.


Hemh... Harusnya kan sebagai generasi zaman now kita punya standar dalam menentukan sikap dong. Gag cuma sekedar membebek sama apapun yang sedang trend di dunia saat ini.


Kita juga mesti tahu bahwa usia muda seperti kita ini merupakan usia dimana kita bisa melakukan banyak hal. Dan tentunya berlomba dalam beramal sholih adalah prioritas utama generasi muslim macam kita. Setuju ya?


Soalnya gaes, masa muda ini harus kita pertanggungjawabkan disisi Allah SWT lho. Sebagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


لاَ تَزُولُ قَدَمُ ابْنِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ خَمْسٍ: عَنْ عُمُرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ، وَعَنْ شَبَابِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ، وَمَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ، وَمَاذَا عَمِلَ فِيْمَا عَلِمَ


“Tidak akan bergeser kaki manusia di hari kiamat dari sisi Rabbnya sehingga ditanya tentang lima hal: tentang umurnya dalam apa ia gunakan, tentang masa mudanya dalam apa ia habiskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan dalam apa ia belanjakan, dan tentang apa yang ia amalkan dari yang ia ketahui (ilmu).”[1]


So, gaes. Yuk cerdas manfa'atin tiap detik yang Allah kasih ke kita buat ngamanin sebuah tempat terindah di syurgaNya kelak.


Jangan siakan waktumu cuma buat kesenangan sesaat yang menipu. Atau bahkan di dunia saja  menuai hujatan karena saking kebangetannya. Hei! Hidup ini sekejap. Goreskan tinta terbaik untuk mengukir akhir yang indah nanti. Mari berkarya generasi mulia! []



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!