Saturday, June 2, 2018

‘Make Up’ Ramadhan


Oleh: Arinta Kumala Verdiana

Make up ?. Memang ada apa dengan make up ?. Cewek ngomongin make up pasti seru banget. Karena cewek suka untuk menjadi cantik.  Bener kan ?!. Sampai ada cewek yang nggak bisa hidup tanpa make up. Make up ini memang something majic. Membuat seseorang yang memakainya menjadi berubah drastis. Yang awalnya wajahnya biasa-biasa saja, bisa berubah menjadi sangat cantik. Bahkan dengan keahlian tertentu, dengan make up bisa merubah wajah seseorang menjadi mirip artis.

Perubahan drastis seorang muslim di bulan Ramdhan itu bisa kita analogikan seperti pakai make up sobat. Kalau sebelum Ramadhan misalkan ada seseorang yang keta’atannya sangat kurang. Bahkan cenderung mengabaikan perintah-perintah Allah dan juga bermaksiat. Lalu ketika memasuki bulan Ramadhan tiba-tiba dia berubah 180 derajat.  Tetapi setelah Ramadhan beranjak pergi, perangainya kembali seperti sebelum Ramadhan. Nah orang seperti ini nih bisa dianalogikan dengan seseorang yang drastis menjadi cantik karena memakai make up.  Ketika make upnya dihapus ya wajahnya kembali seperti sedia kala. Tidak secantik ketika memakai make up.

Misalkan sebelum Ramadhan dia tidak menutup aurat, tiba-tiba di bulan Ramadhan dia menutup aurat. Tetapi begitu Ramadhan berlalu, maka dia tanggalkan jilbab dan kerudungnya. Atau sebelum Ramadhan dia tidak pernah melaksanakan sholat wajib, tiba-tiba di bulan Ramadhan rajin sekali dia melengkapi sholat lima waktunya. Bahkan menambah dengan sholat-sholat sunnah. Tetapi setelah Ramdhan bersayonara dia seakan lupa akan kewajiban sholat lima waktunya. Misalkan juga sebelum Ramadhan penyakit malas untuk tilawah al Qur’an selalu saja menjangkiti. Begitu Ramadhan mengetuk pintu maka semangat untuk tilawah menggebu-gebu. Tetapi begitu Ramdhan meninggalkannya, dia mencampakkan mushafnya di atas lemari hingga berdebu.

Jadi selama bulan Ramadhan ketaatannya ‘cantik’ secantik bunga yang baru saja mekar. Tetapi setelah momen Ramadhan berlalu maka seolah ‘make up’ itu luntur hilang entah kemana. Namanya juga make up, dia mampu mempercantik seseorang hanya sementara saja. Ketika make up itu dihapus maka wajahnya kembali seperti semula. Biasa !.

Nah kalau kita hanya ta’at selama bulan Ramadhan saja, ya seperti kita pakai make up. Cantik sementara saja. Maka jangan sampai ya di bulan Ramadhan yang mulia ini, kita pakai ‘make up’ Ramadhan. Ta’at hanya waktu Ramadhan saja. Cantik iman kita, cantik keta’atan kita hanya sementara saja. Ya waktu Ramadhan itu. Setelah Ramdhan pamit,maka hasrat tidak ta’at kembali menjadi kuat. Hasrat berma’siat seolah tak terikat. Na’udzlu  billah ya sobat.

Seharusnya kecantikan iman kita, kecantikan ketaqwaan kita itu tidak mengenal waktu. Bukan hanya pada momen-momen tertentu saja munculnya. Tetapi kecantikan iman dan ketaqwaan itu haruslah kapan saja dan di mana saja. Meskipun setelah selesai Ramadhan nanti, keimanan harus senantiasa melekat menancap dalam jiwa. Ketaatan harus senantiasa menghiasi sikap kita. So, ‘make up’ Ramadhan ?. No way !.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!