Friday, June 8, 2018

Kehidupan Di Dunia Sebagai Ladang Amal Sholeh


Oleh: Minah, S.Pd.I


Kehidupan di dunia hanya sementara, tak jarang dari kita terlena akan kenikmatan dunia yang fana, melakukan apapun, berleha-leha, foya-foya, lisan yang tak terjaga, pergaulan bebas, mengumbar aurat, korupsi, dll. Semua itu mereka lakukan demi kesenangan semata, tanpa memikirkan tanggungjawabnya diakhirat kelak. Padahal kehidupan di dunia itu hanya sementara, yang kekal adalah kehidupan akhirat, dan semua perbuatan kita di dunia akan dipertanggungjawabkan.


Masihkah kita ingin bersenang-senang saja tanpa memikirkan akhirat kita? sejatinya kehidupan di dunia ini adalah ladang kita untuk beribadah kepada Allah dan beramal sholeh. Agar perbuatan yang kita lakukan di dunia, di ridhoi oleh Allah swt. walaupun menjani kehidupan itu tidak mudah, beribadah kepada Allah tidak mudah karena banyak godaan-godaan yang menghampiri. Tapi, bagi kita yang beriman insyallah bisa menghadapi itu semua.


Hidup adalah proses kita untuk belajar, belajar bersyukur, belajar bersabar dan belajar untuk menjadi yang terbaik. Terkadang manusia belum bisa memilih jalan yang baik dalam hidupnya. Mereka hanya memilih jalan yang mulus untuk mencapai kebahagiaan. Mereka menganggap hidup ini harus instan, manusia banyak yang hanya menginginkan jalan yang “mulus” tanpa resiko dan “alergi” untuk melewati jalan hidup yang penuh duri, walaupun Ia sadar bahwa jalan yang berduri itu yang akan membawanya pada kebahagiaan.


Hidup itu seharusnya mampu bermakna bagi kita, tidak sekadar hidup, tapi harus menjadikan hidup itu bermakna. Caranya, kita harus tahu dulu, apa sih tujuan hidup kita didunia ini? kita hidup di dunia hanyalah untuk beribadah kepada Allah. sebagaimana firman Allah yang artinya:


 “Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu” (QS. Adz-Dzariyat:56). 


Oleh karena itu, mari kita  menjadikan kehidupan kita di dunia sebagai ladang amal sholeh. Menjalankan semua aturan Allah serta menjauhi segala larangannya. Berusaha untuk tunduk dan taat kepada Allah. Agar di akhirat kelak kita bisa memanen hasil amal sholeh kita ketika di dunia sehingga jika Allah ridho dengan amal yang kita lakukan, maka pahala berupa surga yang akan kita dapatkan. Alhamdulillah.  Semoga melalui ramadhan ini, keimanan kita semakin bertambah, sehingga kita mampu untuk selalu dekat kepada Allah dan menjalankan semua aturanNya. Aamiin.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!