Tuesday, June 12, 2018

Indahnya Taubat di Bulan Maghfirah


Oleh : Lilik Yani


Setiap anak Adam tidak pernah terlepas dari salah dan dosa. Tapi Allah tidak peduli, seberapapun dosa anak Adam, selama mereka mau bertaubat dan memohon ampunan kepada Allah al ghofur.


Ramadhan Bulan maghfirah(ampunan) 


Ramadhan adalah bulan yang memberi peluang emas bagi kita, anak Adam yang banyak dosa untuk bertaubat kepada Allah swt. Barangsiapa yang bersungguh-sungguh dalam berpuasa di bulan Ramadhan, maka Allah akan mengampuni semua dosanya hingga diibaratkan seperti bayi yang baru keluar dari rahim ibunya.

Dimana setiap bayi yang baru lahir dalam Islam dipandang sebagai suci, murni tanpa dosa.


Sebagaimana sabda Rasulullah saw :

 "Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan di mana Allah swt mewajibkan berpuasa dan aku sunnahkan kaum muslimin menegakkan sholat malam. Barangsiapa berpuasa dengan iman dan mengharap Ridlo Allah, maka dosanya keluar seperti hari saat ibunya melahirkannya. (HR Ahmad No 1596).


Sungguh, Ramadhan adalah kesempatan yang indah untuk bertaubat. Bukan berarti, kalau berbuat salah bertaubatnya menunggu Ramadhan tiba. Justru kita dianjurkan untuk bersegera meminta ampun kepada Allah atas setiap kesalahan yang kita perbuat. 

Tetapi peluang Ramadhan ini jangan disia-siakan untuk memohon ampunan di setiap waktunya. Karena untuk sekelas Rasulullah yang dipelihara dari dosa, beliau masih membaca istighfar tidak kurang dari 100 kali istighfar. Padahal Allah telah janjikan akan hapus segenap doaa nya baik dosa yang lalu maupun yang akan datang.


Apalagi kita para anak Adam yang banyak dosa. Harusnya beristighfar jauh lebih banyak lagi. Terlebih di bulan yang penuh maghfiroh ini.


Setiap Anak Adam Punya Dosa 


Dalam aktivitas hidupnya, manusia tidak terlepas dari salah dan dosa. Baik itu karena kesalahan sendiri yang tidak menjalankan perintah Allah. Maupun dosa yang terjadi karena hasil interaksi dengan orang lain. Karena ketidak cocokan atau salah paham.


"Wahai hamba-hamba -Ku! Setiap siang dan malam kalian senantiasa berbuat salah. Namun Aku mengampuni semua dosa. Karena itu, mohonlah ampunanKu agar Aku mengampuni kalian." (Hadis Qudsyi  Riwayat Muslim 4674).


Bahkan Allah akan mendatangkan kaum yang berbuat dosa, karena Allah ingin mereka memohon ampunan, atas semua dosanya. Agar manusia tidak merasa sombong, ujub(mengagumi diri sendiri), apalagi sampai terpedaya dengan amalannya.


"Seandainya kalian tidak berbuat dosa, niscaya Allah akan melenyapkan kalian, dan Dia pasti akan mendatangkan suatu kaum yang berbuat dosa, kemudian mereka memohon ampunan kepada Allah, lalu Dia akan mengampuni dosa mereka. (HR Muslim No 2749)


Sebab Turunnya Ampunan di Bulan Ramadhan 


* Melakukan berpuasa Ramadhan.

   "Barangsiapa berpuasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaq alaihi)


Melakukan shalat taraweh dan tahajud di bulan Ramadhan.


  "Barangsiapa melakukan sholat malam pada bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaq alaihi).


*Melakukan shalat dan ibadah di malam Lailatul Qadr. Yaitu pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Ia adalah malam penuh berkah, yang di dalamnya diturunkan Al Qur'anul Kariim.


"Barangsiapa melakukan shalat di malam Lailatul Qadr karena iman dan mengharap pahala dari Allah, niscaya diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Muttafaq alaihi).


*Memberi ifthar (makanan untuk berbuka) kepada orang yang berpuasa.


"Barangsiapa yang di dalamnya (bulan Ramadhan) memberi ifthar kepada orang yang berpuasa, 

niscaya hal itu menjadi sebab ampunan dari dosa-dosanya, dan pembebasan dirinya dari api neraka. (HR Ibnu Khuzaimah, Al Baihaqi)


*Beristighfar. Meminta ampunan serta berdoa dalam keadaan berpuasa, berbuka dan ketika makan sahur. Karena doa orang yang berpuasa itu mustajab (dikabulkan).


Ada tiga macam orang yang tidak ditolak doanya....diantaranya disebutkan, "orang yang berpuasa hingga berbuka." (HR Ahmad)


Allah Menunggu Taubat Kita 


Manusia yang melakukan kesalahan dan dosa, hendaknya bersegera untuk bertaubat, mohon ampunan kepada Allah. 


Tetapi kenyataannya, kebanyakan manusia lupa akan dosa-dosanya, sehingga merasa santai saja dan menunda untuk taubat.


Hingga Allah yang menyeru manusia agar kembali ke jalan Allah. Bahkan setiap tengah malam, Allah turun ke langit dunia, mencari orang yang taubat dan memohon ampunanNya.


"Tuhan Yang Maha Suci dan Maha Tinggi turun pada setiap malam ke langit dunia, yaitu ketika masih berlangsung sepertiga malam yang akhir seraya berfirman : "Barangsiapa berdoa kepadaKu niscaya Aku kabulkan untuknya. Barangsiapa memohon kepadaKu niscaya Aku memberinya, dan barangsiapa memohon ampunan kepadaKu, niscaya Aku mengampuninya." (HR Muslim)


Subhanallah, begitu sayangnya Allah kepada hambaNya. Allah menawarkan pertolonganNya setiap saat buat hambaNya yang mau datang kepada Allah. Apalagi waktu malam saat hening, sehingga signal lebih jelas tanpa gangguan untuk bisa nyambung ke Allah.


Begitu pula saat bulan Ramadhan. Di bulan penuh maghfirah atau ampunan ini, Allah menawarkan pertolongan setiap saat. Buat orang yang berpuasa dan menjalankan ibadah Ramadhan lainnya. 


Dengan berbekal iman dan mengharap pahala dari Allah semata, maka akan diampuni semua dosa-dosanya yang telah lalu. Hingga bersih bagaikan bayi baru lahir.


Jangan Menjadi Orang Merugi 


Maka dari itu saudaraku, jangan sia-siakan peluang emas ini. Jangan biarkan sedetikpun Ramadhan terlewat tanpa ada amal sholeh dan ampunan dari Allah.


Jangan sampai Ramadhan berlalu sementara kondisi keimanan kita biasa-biasa saja, tanpa ada perbaikan. Karena jika demikian kita termasuk orang yang merugi.


Mari kita manfaatkan kesempatan, masih diijinkan bertemu dengan bulan Ramadhan ini dengan mengupayakan diri untuk bisa ibadah secara maksimal. Dan memohon ampunan kepada Allah dengan sebaik-baik taubat atau taubatan nasuha. Menyadari kesalahan dan berjanji tidak mengulangi kesalahan lagi.


Saudaraku, mari kita jadikan Ramadhan kali ini sebagai momentum pertaubatan bagi kita. Karena betapa indahnya karunia Allah yang memberi kesempatan kita untuk taubat di bulan yang penuh maghfiroh ini.

Semoga kita semua akan menjadi orang yang beruntung, dan terlahir menjadi hamba yang fitrah sebagaimana bayi baru lahir dari rahim ibunya. Aamiin.



#RamadhanBulanMaghfirah

#YukTaubat


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!