Tuesday, June 12, 2018

Az Zahrawi, The Great Surgeon


Oleh : Fika


     Saat ini ilmu kedokteran tidak bisa dipisahkan dengan ilmu bedah. Tahukah siapa yang menemukan teori penbedahan pertama kali? Siapa yang menemukan alat-alat bedah seperti yang ada saat ini? Mari kita simak ulasan berikut.


     Pada zaman Kekhilafahan, banyak bermunculan ilmuan dari kaum muslimin. Termasuk dalam ilmu kedokteran. Para ilmuan kedokteran muslim memiliki keistimewaan. Merekalah yang pertama kali mengetahui spesialisasi kedokteran. Di antara pakar ilmuan pada masa itu adalah Az Zahrawi (403 H). 


     Nama lengkap beliau adalah Abu Qasim Khalaf ibn Al Abbas Az Zahrawi. Beliau lahir di Zahra, yang terletak di sekitar Kordoba, Spanyol. Di kalangan bangsa Moor Andalusia, beliau dikenal dengan nama El Zahrawi. Al Qasim adalah dokter kekhilafahan pada masa Khalifah Al Hakam II dari Bani Umayah. 


     Az Zahrawi adalah orang pertama yang menemukan Teori Pembedahan dengan menciptakan dan menggunakan suntik dan alat-alat bedah. Beliau juga meletakkan aturan dasar bedah untuk mengikat organ tubuh agar mencegah pendarahan. Beliau juga yang membuat benang untuk menjahit bekas bedah. 


     Di Barat, beliau dikenal sebagai Abulcasis. Dan beliau dikenal sebagai pakar kedokteran pada masa Islam abad pertengahan. 


    Disebutkan dalam bukunya At Tashrif Liman Ajiza an Ta'lif, Az Zahrawi menemukan lebih dari 100 alat bedah. Penemuan ini mempengaruhi perkembangan ilmu bedah setelahnya di dunia barat. Hallery pakar ilmuan besar di bidang anatomi mengatakan bahwa seluruh pakar bedah Eropa sesudah abad ke-16 menimba ilmu pada Az Zahrawi.


    Luar biasa,masih banyak lagi ilmuan muslim di bidang yang lainnya. Inilah hasil sistem pendidikan Islami yang didukung dengan penerapan Islam Kaffah oleh negara. Saatnya kita rindu pada pemimpin yang hanya takut pada Allah dan RasulNya.


Wallahu'alam


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!