Sunday, June 10, 2018

Amar Ma'ruf Nahi Munkar, Why Not?


Oleh : Aisyahtini Lubna Naimah (Member Akademi Menulis Kreatif)


Gays, Apa kalian pernah mendengar istilah "Amar Ma'ruf Nahi Munkar"?? Kalo ada yang pernah dengar dan pernah mengetahui istilah tersebut. Apa sih artinya istilah itu gays? Amar ma’rūf artinya menyuruh atau memerintahkan kepada yang ma’rūf (kebaikan atau kebajikan). Sedangkan nahi munkar artinya mencegah atau melarang dari yang munkar. Secara bahasa (etimologi), ma’rūf artinya kebajikan atau sesuatu yang sudah dikenal orang banyak dan tidak diingkari. Ia adalah lawan kata dari munkar. Dan secara istilah (terminologi), ma’rūf adalah apa saja yang dikenal dan diperintahkan oleh syariat, serta orang yang melakukannya akan terpuji.  Sedangkan munkar, secara etimologi artinya perkara-perkara yang tidak dikenal orang serta diingkari oleh mereka. Dan secara terminologi, munkar adalah perkara-perkara yang diingkari dan dilarang oleh syariat, serta dicela orang yang melakukannya.  Amar ma’rūf dan nahi munkar adalah salah satu pilar agama Islam yang sangat penting. Tegaknya amar ma’rūf nahi dan munkar akan menjamin tegaknya Islam dan baiknya masyarakat. Sebaliknya, diabaikannya amar ma’rūf dan nahi munkar akan menyebabkan maraknya kemunkaran


Mungkin kalian juga tak asing dengan istilah itu. Yups bener banget gays. Itu salah satu kutipan dari ayat Al-Qur'an. Oits, pada tau kan kalian kalo A-Qur'an itu menjadi pedoman bagi kita umat islam dan menjadi rujukan bagi kita untuk memecahkan masalah kehidupan(Problem Solving) yaa gays. Analoginya seperti ini Al-qur'an sebagai rujukan dan langsung diturunkan oleh Allah melalui Malaikat Jibril. So, ketika kita menjalankan berarti disitu kita mengharap Ridlo Allah dan pahala itu hanya bonus gays yang diberokan Allah Azza Wa'jalla. Nah lalu ketika kita akan melakukan Amar ma'ruf nahi munkar tadi tentunya juga merujuk pada Al-Qur'an kan gays. Salah satunya dijelaskan Oleh Allah langsung melalui FirmanNya :

إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۚ وَأُولَٰئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُون 

Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma'ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung (Q.S Al-Imran 104)


Nah kita sebagai pemuda zaman now nih, dengan potensi yang kita miliki saat ini sangatlah panjang masa depan yang ingin kita capai. Betul ga?  tentunya kita ga boleh menyia-nyiakan waktu kita saat ini  kita gunakan untuk melakukan amalan yang mendatangkan Ridho-Nya, salah satu dengan amar ma'ruf nahi munkar. Misal dengan contoh simplenya kita bisa mengajak teman kita untuk Ngaji islam bareng, diberitahu untuk tidak membuka aurat ketika keluar rumah, dan dengan maraknya fenomena yang selalu `exsis` ditengah remaja adalah "Pacaran". 


Kita sebagai remaja smart with islam harus tuh untuk mencegah teman kita melakukan perbuatan maksiat itu karena bukti cinta kita kepada saudara seiman kita untuk tidak melalukan maksiat tersebut. Karena jika kita cinta maka buktinya salah satunya adalah mengingatkannya Allah Ta’ala berfirman:

إن الإنسان لفي خسر إلا الذين آمنوا وعملوا الصالحات وتواصوا بالحق وتواصوا بالصبر

“Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al-‘Ashr, 103: 2-3).


Kalau tidak sekarang  kapan lagi, kalau tidak kita siapa lagi untuk menyeru kepada yang ma'ruf dan mencegah yang munkar. Potensi sebagai remaja harus kita gunakan sebaik-baiknya. Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik Baik Manusia Adalah Yang Paling Bermanfaat Bagi Orang Lain”. 

Sekarang pilihan ada ditangan kita gays, mau menjadi pembela kebenaran atau pengikut kemaksiatan. Karena sejatinya kebenaran(haq) selalu bertentangan dengan keburukan(bathil). Dan allah akan slalu bersama orang-orang yang memperjuangkan AgamaNya.




Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!