Sunday, May 20, 2018

Waspada Budaya Boros di Bulan Ramadhan


Oleh : Asma Ridha (Member Revowriter Aceh)


Dalam menjalankan ibadah puasa, menu bukaan apa yang belum dipersiapkan? Emm.. Pastinya masih menyimpan banyak keinginan dan banyak persiapan menjelang santapan berbuka.


Dan biasanya khas kita di Indonesia menyiapkan takjil kolak merupakan menu wajib bagi sebagian masyarakat. Tidak hanya kolak, di mejapun tersedia sop buah, cemilan gorengan, belum lagi hidangan berat nasi dengan sayur mayur dan lauk-pauknya. Serasa penuh energi hendak menyantap semua hidangan pada saat siang hari. Dan ketika tiba saatnya berbuka puasa, apa yang terjadi? Bahkan ada hidangan yang sedikitpun tidak tersentuh.


Demikianlah euforia kita saat berbuka. Disatu sisi inilah nikmat bagi orang yang melaksanakan puasa salah satunya adalah ketika berbuka. Namun di sisi lain, kita menganggap ibadah puasa harus diganjar dengan aneka makanan istimewa setelah seharian penuh menahan lapar dan dahaga. Saat berbuka puasa dan makan sahur, meja makan kita akan dipenuhi dengan aneka makanan dan minuman yang tidak biasa disajikan di hari biasa. Tak jarang malah terkadang sangat berlebihan dan terlalu diada-adakan. Alhasil anggaran belanja pun meningkat drastis.


Padahal perintah puasa mengajarkan kesederhanaan. Namun realitanya justru sebaliknya. Maka bijaklah dalam memenuhi setiap keinginan. Tidak salah jika ingin menyediakan makanan berbuka dengan sajian istimewa. Namun waspadalah ketika menyedikan sajian hidangan agar tidak ada ya


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!