Friday, May 4, 2018

Training Motivasi : Melejitkan Potensi Diri, Meraih Kesuksesan Sejati


Di pagi yang teduh nan sejuk, tepatnya di hari minggu, 29 April 2018 telah berlangsung agenda training motivasi dengan tema “Melejitkan Potensi, Meraih Kesuksesan Sejati”. Agenda ini diadakan di aula rektor lantai 3 Universitas Madura. Dan agenda ini dihadiri sekitar 150 peserta yang terdiri dari pelajar SMK, SMA, MAN dan Mahasiswi di Pamekasan.

Tema yang diangkat kali ini mengenai bagaimana melejitkan potensi diri guna meraih kesuksesan sejati, hal ini dikarenakan setiap individu khususnya para remaja muslimah memiliki berbagai macam potensi dalam dirinya sehingga bila potensi yang ada tersebut tidak disalurkan pada hal-hal yang positif dan tepat pada tempatnya maka tidak akan tidak mungkin sosok remaja muslimah ini akan bisa dengan mudahnya meraih kesuksesan yang sejati nan hakiki. Maka dari itu diangkatlah tema ini untuk memberikan pencerahan yang shohih bagi kalangan remaja khususnya pelajar dan mahasiswa bagaimana melejitkan potensi diri yang nantinya mereka akan bisa meraih kesusksesan yang sejati.

Acara dimulai pukul 08.30 s/d 12.00 dibuka dengan lantunan ayat Al-Quran (QS. Al-Baqarah : 17-21). Suasana begitu takzim kala lantunan Ayat suci dibacakan.

Setelah lantunan ayat suci dibacakan, acara dilanjutkan dengan sambutan yang dibawakan oleh kak Khotimah Ayu Maduratna sebagai ketua pelaksana agenda training motivasi ini.


Selanjutnya masuk pada sesi pemaparan materi. Ustadzah Rezki Amelia Latief, M.T yang biasa dipanggil ustadzah kiki ini menyampaikan mengenai sukses, bahwa sukses pribadi harus direngkuh bersamaan dengan sukses kebangkitan umat dan disisi lain sukses itu harus dimaknai dengan benar, mengapa? Karena definisi yang salah dan pemahaman yang salah tentang sukses akan berdampak pada kesalahan dalam beraktifitas. Selanjutnya ustadzah kiki menjelaskan bahwa ada dua hal yang harus dilakukan untuk bisa sukses, yakni yang pertama dengan mengenali diri sendiri dan yang kedua yaitu bangkitkan diri. Lanjutnya, cara untuk bisa mengenali diri sendiri yakni dengan cara memecahkan tiga pertanyaan besar yakni dari mana aku berasal? Untuk apa aku hidup? Dan akan kemana setelah mati? Tiga pertanyaan besar ini merupakan sebuah simpul besar yang harus dipecahkan oleh setiap manusia dan ini menjadi landasan berpikirnya sebelum melakukan aktifitas lain. Dan yang kedua adalah bangkitkan diri. Ustadzah kiki memaparkan bahwa ada lima tahapan untuk membangkitkan diri ini yakni hancurkan sindrom diri (keluarlah dari zona nyaman yang selama ini dihinggapi oleh individu yang ingin sukses) identifikasi sukses sejati (seperti apa sukses yang dimaksud? Apakah dengan memiliki prestasi banyak namun melenceng dari syariat atau sukses yang dimaksud adalah menjalani seluruh target kehidupan tetap sesuai dengan koridor syariat demi meraih ridho Allah) , teladani success story (mengambil inspirasi dari tokoh-tokoh sukses dan menjadikan motivasi untuk terus membarakan semangat), improvisasi tiada henti (dengan cara memunculkan karakter diri yang khas dan positif, kreatif inovatif dan nyar’i) dan raih sukses sejati.

Setelah pemaparan dari pemateri, dilanjutkan sesi tanya jawab. Para peserta sangat antusias sekali untuk bertanya salah satunya pertanyaan yang diajukan oleh Mita, siswi SMAN 4 Pamekasan yang menanyakan apa yang mempengaruhi seseorang berubah dari yang awalnya taat dan rajin beribadah untuk bisa sukses namun tiba-tiba berubah total saat cita-cita dan keinginan suksesnya tercapai? Ustazah kiki menjelaskan bahwa taat dengan aturan Allah itu tanpa syarat, sehingga bisa jadi bila ada orang yang seperti itu niat awal ibadah tidak lillah dan banyak sekali faktornya juga yang mempengaruhi seperti kesombongan dan factor yang lainnya.

Alhamdulillah.. sesi demi sesi telah dilewati dan sesi yang terakhir adalah pembagian door prize kepada peserta yang beruntung setelah itu agenda ditutup dengan doa dan dilanjutkan pada sesi foto-foto dengan pemateri. 


Reporter : Khotimah Ayu Maduratna ( Anggota komunitas revowriter & Tim Media di  Islam Lovers Community Pamekasan)

Asal Instansi : IAIN MADURA (Mahasiswi TBI semester 8)





Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!