Wednesday, May 16, 2018

The First Shaum


Oleh: Vicky Pratica Evita Sari, S.Pd

(Owner Hijab Al Junnah)


Alhamdulillah kita memasuki Bulan Ramadhan hari pertama. Kaum muslimin bersuka cita menyambutnya. Semoga kita bisa menjalani bulan Ramadhan ini dengan optimal ya.


Btw, ngomongin Ramadhan hari pertama. Kapan ya kaum muslimin pertama kali di perintahkan berpuasa?


Puasa di Bulan Ramadhan pertama kali disyariatkan pada tanggal 10 Sya'ban tahun ke 2 Hijriah loh, atau 1,5thn setelah hijrahnya Rasulullah saw. dari Makkah ke Madinah, serta setelah kaum muslimin diperintahkan memindahkan kiblatnya dari Masjidil Aqsa ke Masjidil Haram (Makkah).


Tau ga sih dear, puasa itu tidak hanya dilakukan oleh kaum muslimin loh. Umat terdahulu pun melakukan puasa, bahkan kaum Nasrani dan Yahudi pun juga iya. Nah apa ya yang membedakan puasa kaum muslimin dengan puasa yang lain?


Diriwayatkan dari Amr bin Ash Rasulullah saw. bersabda, "Perbedaan antara puasa kita dengan puasa ahli kitab adalah pada makan sahur." (HR. Muslim)


Wah, keren yah. Karena sahur ini cuma ada di dalam Islam dear, makanya kamu jangan lupa makan sahur ya meski dengan segelas air putih dan 3 butir kurma. Jangan bangun kesiangan yah, biar berkah.


Btw kenapa sih ya kaum muslimin diperintahkan berpuasa? Hmm soal ini dijawab langsung oleh Allah SWT.


Allah SWT berfirman:


يٰۤـاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْکُمُ الصِّيَامُ کَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِکُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَ 


"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (TQS. Al-Baqarah: 183)


Jadi dear kaum muslimin saat menahan lapar dan haus dari terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari, menahan hawa nafsu dari hal-hal yang membatalkan puasa, semuanya itu adalah untuk menggembleng diri kaum muslimin agar jadi pribadi yang lebih bertaqwa. Keren yah.


Gimana sih Para Sahabat melewatkan puasa pertama mereka? Nah temen-temen tentu tau Perang Badar kan? Perang pertama kaum muslimin dengan kaum musryikin Quraisy yang dilakukan pada tanggal 17 Ramadhan loh. MasyaAllah sudahlah puasa yang pertama, panas, ditambah mereka sedang perang membela agama Allah. Luar biasa ya.


Semoga keimanan dan ketaqwaan kita sekuat generasi kaum muslimin terdahulu. Nah, ada beberapa tips nih agar kita bisa sukses di Bulan Ramadhan ini:


1. Menjauhi segala yang haram, yang membatalkan puasa, termasuk yang makruh ya. Jadi jangan kita berpuasa ingin dapat pahala eh tapi masih membarenginya dengan maksiat. Rugi!


2. Menjalankan ibadah wajib dan meningkatkan ibadah sunnah kita yah. Taqarrub (mendekatkan diri) kepada Allah itu penting dan harus terus dilakukan. Supaya kita mendapat kemuliaan dari Allah SWT.


Semoga kita semua meraih sukses Ramadhan seperti Rasulullah dan para sahabat terdahulu yah. Apa saja ciri-ciri muslim yang lulus dari sekolah Ramadhan?


1. Sukses mendapat ampunan Allah SWT.

2. Sukses mendapat Lailatul Qadar

3. Sukses meraih pundi-pundi pahala dari amal shalih yang kita lakukan.

4. Terwujud ketaqwaan


Nah perlu dicatet nih yah, taqwa itu adalah mengikuti semua perintah Allah dan menjauhi semua laranganNya. Taqwa itu berarti menjadikan halal dan haram sebagai standar kehidupan kita, masyarakat, dan negara dong. Jangan sampe deh keluar dari bulan Ramadhan nanti taat ditinggalkan maksiat jalan lagi. Na'udzubillahi min dzalik.


Oke deh, semangat untuk berjuang di bulan Ramadhan ya! Jadikan Ramadhanmu kali ini lebih baik dari Ramadhanmu yang lalu. Be the best hamba!




Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!