Sunday, May 13, 2018

Teror Bukan Ajaran Islam


Oleh: Suci Hardiana Idrus 


Aksi teror kembali meresahkan sejumlah masyarakat Surabaya, Jawa Timur, tepat pada (13/5/18) Minggu pagi. Aksi teror ini dilakukan di 3 Gereja, yakni Gereja Pantekosta pusat Surabaya, Jalan Arjuno, Gereja Kristen Indonesia Diponegoro, Jalan Diponegoro, dan Gereja Katolik Santa Maria, Jalan Ngagel Jaya Utara. Saat ini sudah ada 4 korban tewas dan 33 mengalami luka yang tercatat di Polda Jatim, (KOMPAS.com).


Upaya aksi teror bom bunuh diri yang terjadi kemarin mendapatkan banyak kecaman dari banyak pihak. Sebab aksinya mengatasnamakan jihad, namun jihad yang sesungguhnya bukanlah jihad model semacam itu. Islam mengharamkan membunuh orang-orang yang tidak bersalah dan Islam mengancam orang yang mengakhiri kehidupannya sendiri akan dimasukkan ke dalam neraka. 


Jika segala bentuk terorisme yang mengatasnamakan jihad, maka sungguh ia sudah berada jauh di luar ajaran Islam. Sebab Islam mengajarkan kasih sayang terhadap sesama dan toleransi terhadap perbedaan. Rasulullah adalah sebaik-baik suri tauladan bagi umat yang menginginkan kemuliaan. Dan dengan kemuliaan itu umat Islam akan menjadi umat terbaik. 


Jihad di dalam Islam hanya bisa dilakukan apabila negara Islam telah berdiri. Dan seorang Khalifah menyeru kepada jihad untuk menolong umat Muslim yang tertindas di manapun, semata-mata membela agama Allah dan meninggikan kalimat-kalimat-Nya hingga ke penjuru dunia. Adapun saat ini, maka jihad seorang Muslim adalah jihad Individu, dan bentuk dari jihadnya pula harus sesuai dengan ajaran Islam, bukan upaya kriminalitas yang di Islam-islamkan kemudian mengatasnamakan jihad. Tentu ini merupakan kesalahan yang fatal karena merugikan kehormatan Islam. 


Yang terpenting yang harus kita sadari dan dijaga bersama adalah bentuk saling menghargai antara umat beragama. Ragamnya perbedaan membuat bangsa rentan dengan konflik. Maka dari itu jangan mau dibodohi dan diprovokasi dengan kejadian-kejadian yang mungkin sudah terorganisir. Andai setiap peristiwa mempunyai misi, maka berhasillah mereka mencapai misi untuk memecah belah bangsa dan keberagaman umat. Untuk itu eratkan ukhuwah sesama Muslim dan jaga toleransi antara umat beragama. Sekali lagi, Teror bukan ajaran Islam, dan Islam bukan cikal bakal lahirnya teroris.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!