Tuesday, May 15, 2018

Tausiyah Cinta : Meraih Manisnya Ramadhan


Reported by : Dhelta Wilis


Gemuruh Ramadhan semakin terasa,  semakin membuat getaran-getaran dan detak jantung terasa lebih cepat ritmenya.  Suasana ini didukung dengan semaraknya iklan-iklan di media elektronik yang khas sekali muncul ketika menjelang Ramadhan. Pawai obor  menghiasi kampung-kampung osrak sorai tanda bahagia menyambut bulan Ramadhan,, bulan Pengampunan. Seperti tidak mau kalah Majelis-Majelis Taklim yang mulai membahas persiapan ramadhan. 

Begitupun dengan Majelis Taklim Khoirunnisa Aliansi Muslim Peduli Umat pada hari Ahad, 13 Mei 2018 ikut dalam semarak menyambut Ramadhan tahun 2018. Marhaban Ya Ramadhan dengan balutan tema “Meraih Manisnya Ramadhan”. Latar belakang mengambil tema tersebut adalah ingin bersama-sama mengingatkan betapa manisnya Ramadhan yang terlalu sayang untuk dilewatkan walaupun hanya sedetik saja. 

Acara dimulai pukul 09.00 WIB. Terlihat pukul 08.30 peserta majelis taklim mulai berdatangan. Ada sekitar 40 orang berkumpul di dalam Masjid tempat berlangsungnya acara. Ibu-ibu, remaja, mamah muda dan anak-anak turut menghiasi semaraknya acara. Berlangsung khidmat ketika MC mulai membuka acara, Menyapa dengan penuh keceriaan sehingga peserta Majelis Taklim terlihat antusias. Alunan tiwah Al Qur’an Surah Al Ankabut ayat 1-7 menambah mikmat suasana pagi itu. Berharap keberkahan akan didapatkan dengan berkumpulnya kami dalam Majelis Ilmu.


Setelah pembukaan usai, Ustdzah mulai menyampaikan Tausyah Cintanya. “Meraih Manisnya Ramadhan”. Beliau memulai Tausyahnya dengan mengajak peserta Majelis Taklim mengindera apa yang terjadi disekitar ketika menjelang Ramadhan. Harga Bahan Pangan Naik begitulah terdengar suara dari peserta Majelis Taklim. Saat Ramadhan dan Idhul Fitri biasanya disibukkan dengan persiapan mudik, belanja baju lebaran, bingkisan dan berburu diskonan dan tiket pulang kampung. Walhasil emak-emak kalau Ramadhan sibuk ngatur uang.

Ustdzah kembali mengingatkan bagaimana ketika Rasululloh dan para sahabat menyambut Ramadhan dengan penuh kegembiraan dan dengan persiapan yang maksimal. Mengapa? Karena Ramadhan adalah bulan yang saying untuk disia-siakan. Hanya di dalam Ramadhan saja ada Nuzulul Qur’an, Lailatul Qadr, Bulan dilipatgandakan pahala dan bulan pengampunan. Begitu tegas beliau.


Ustadzah juga mencoba membuka memori kita kembali tentang perjuangan Rasululloh dan para sahabatnya ketika bulan Ramadhan. Mungkin bagi kebanyakan orang ketika Ramadhan maka aktivitas-aktivitas dikurangi karena Puasa, tetapi tidak bagi Rasululloh dan para sahabatnya yang mengisi Ramadhan dengan terus senantiasa menyebarkan Islam ke seluruh penjuru dunia. Bukti otentiknya adalah adanya sejarah tentang Perang Badar, Perang khandaq, Fathu Makkah, dan Ekspedisi Yaman yang semua dilaksanakan saat Ramadhan. Bukankah Perang/Jihad adalah aktivitas fisik yang membutuhkan energy yang besar?


Keimanan seseorang muslim ketika Ramadhan inilah akan diuji seberapa kuat dan kokoh.  Q.S  Ali Imron ayat 186 menjadi surah dan ayat pilihan Ustadzah dalam menyampaikan seberapa nikmatnya ujian kehidupan.  Maka Q.S Annisa ayat 65 lah yang akan menjadi solusi bagi segala ujian kehidupan yang diberikan  Alloh kepada manusia. 

Sebagai penutup, Ustadzah menyampaikan bahwa ujian keimanan ini akan menjadikan seorang muslim bertakwa. Takwa berarti menjalani seluruh perintah Alloh dan Menjauhi laranganNYA. Maka ketakwaan seorang muslim akan didapat jika terikat dengan hukum Alloh SWT. Bulan Ramadhan yang seharusnya kita jadikan sebagai sekolah untuk menuju ketakwaan seharusnya setelah Ramadhan maka seorang muslim menjadi semakin bertakwa kepada Alloh SWT. Bukan malah seperti agenda tahunan saja sebagai penggugur kewajiban.

Setelah penyampaian tausyah acara dilanjutkan dengan doa yang menambah kekhusyukkan  peserta dan menambah syahdu suasana. Dipenghujung acara , ditutup dengan ramah tamah diantara peserta. Saling bersalaman dan saling memaafkan. Satu hal yang terasa saat penghujuang acara adalah nikmatnya UKHUWAH ISLAMIYAH. []

MARHABAN YA RAMADHAN…

Selamat menunaikan Ibadah Puasa 

 



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!