Tuesday, May 8, 2018

Shalat Sebuah Kewajiban & Hukuman bagi Yang Meninggalkannya


Oleh : Hena Fakriyyah (siswa SMA terbuka TKB Al-Istiqomah)



Sahabat Fillah.. 

Berjuta-juta umat di muka bumi ini, dan mayoritas umat d muka bumi ini adalah umat islam. Nah, apakah umat yang mayoritas ini sudah mampu mengerjakan shalat????

Allah swt berfirman dalam Al-qur'an surah thoha ayat 132 yang inti sarinya adalah; bahwasannya Allah telah memerintahkan shalat kepada kita dan bersabar dalam mengerjakannya Allah tidak meminta Rezeki kepada kita tapi Allah memberikan yang terbaik bagi orang-orang yang bertakwa..

Ibnu abbas berkata; makna menyia-nyiakan shalat bukanlah meninggalkannya sama sekali tetapi mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya..

Para tabi'in sayyid bin musayyibah berkata;maksudnya orang itu mengerjakan shalat dzuhur sampai datang waktu ashar, tidak shalat ashar sampai datang waktu maghrib, tidak shalat maghrib sampai datang waktu isya, tidak shalat isya sampai pajar menjelang, tidak shalat subuh sampai matahari terbit. Dan barang siapa mati dalam keadaan terus-menerus melakukan hal ini maka Allah janjikan baginya "GHAYY" apa itu "GHAYY"??, yaitu sebuah lembah di Neraka jahanam yang amat dalam dasarnya lagi amat tidak enak rasanya..

Saad bin abi waqash berkata; aku bertanya kepada Rasulullah tentang orang-orang yang lalai akan shalatnya.. Beliau menjawab "yaitu pengakhiran waktunya...

Maka orang tersebut disebut orang yang shalat, namun ketika mereka meremehkan dan mengakhirkannya dari waktu yang seharusnya maka mereka di ancam dengan "WAIL"yaitu adzab yang berat, ada juga yang mengatakan bahwa "WAIL" Adalah sebuah lembah di Neraka jahanam. Jika gunung-gunung yang ada di dunia ini di masukkan ke sana niscaya melelehlah semua karena panasnya, kecuali orang-orang yang bertaubat kepada Allah ta'ala dan menyesali perbuatannya..

Di ayat lain Allah berfirman dalam surah Al-munafiqun ayat 9 yang  berbunyi; Hai orang-orang yang beriman jagalah anak-anakmu & harta-hartamu melalaikan kamu dari mengingat Allah,barang siapa yang tidak bertaubat maka mereka itulah orang-orang yang merugi..

Para mufassir menjelaskan; maksud mengingat Allah dalam ayat ini adalah shalat yang 5 waktu, barang siapa yang di sibukkan oleh harta perniagaannya, oleh sawah ladangnya, dan oleh anak-anaknya melalaikan kamu dari mengingat Allah maka mereka itulah orang-orang yang merugi..

#Semoga_bermanfaat 

#UKHUWAH_ISLAMIYAH


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!