Thursday, May 3, 2018

Sahabat Taat Hingga Akhirat

 

Oleh : Yani handayani (member akademi menulis kreatif)


Tidak ada hal yang paling indah di dunia ini kecuali sebuah ukhuwah yang dibangun atas ikatan aqidah. Tak ada pertemanan  yang hakiki kecuali sebuah persahatan yang di jalin atas dasar keimanan. Dan Sudah menjadi sebuah fitroh bagi manusia membutuhkan kepada manusia yang lain, terutama seorang wanita , yang memiliki kodrat lemah lembut, penuh kasih sayang dan terbiasa suka menceritakan curahan hati (curhat) kepada sahabatnya.  Apalagi Di zaman  seperti saat ini dengan berbagai macam cara yang menjerumuskan kita pada salahnya pergaulan.tak heran jika saat ini lebih banyak yang berbondong-bondong ke tempat hiburan dari pada hadir di pengajian.  Belum lagi permasalahan yang mengungkung kehidupan sangatlah komplek, sesak rasanya ketika memikirkan. Dan akhirnya dalam kondisi hari ini Kita benar-benar dituntut untuk selektif dalam memilih orang yang pas untuk menjadi sahabat yang tidak hanya peduli dengan dunia saja, melainkan yang senantiasa mengingatkan kehidupan di akhirat. Bukankah sebaik – baik sahabat adalah dia yang senantiasa mendampingi dan selalu ada saat kita suka maupun duka.  Dan yang paling penting dari itu semua adalah yang mampu memberikan solusi terhadap setiap persoalan kita ketika kita ada masalah. Nah sekarang sosok sahabat seperti apa yang perlu kita luruskan disini??? Apakah dia yang suka mengajak kita hang out sering membelikan kita berbagai macam pernak – pernik misalnya tas,sepatu atau baju. Kalo hanya sekedar memenuhi kebutuhan di dunia saja lantas apakah bisa membantu kita dalam ketaatan kepadaNYA??? Tidak mungkin sobat, karena ketika sahabat yang kita miliki orientasi hanya memikirkan kesenangan dalam  kehidupan dunia maka ya tidak bisa mengantarkan kita pada sebuah ketaatan. Coba mari kita lihat sejarah Dulu Rasullulah juga mempunyaai sahabat . Ada  Abu Bakar as Siddiq ra, Umar bin Khatab ra, Ustman bin Affan ra, Ali bin Abi Thalib ra, Thalhah bin Ubaidillah ra, Sa’ad bin Abi Waqas ra, Abdurrahman bin Auf bin Abdi Auf rad an masih banyak lagi. Beliau beliau adalah sahabat yang sejati yang rela mengorbankan jiwa raga dan nyawanya demi melindungi Rasullah. Tidak peduli darahnya yang bercucuran, demi sebuah perjuangan islam. 

Nah sobat jangan galau, gundah gulana ,,masih banyak sahabat sholihah di luar sana yang menemani mu dalam rangka menuju ketaatan, Insyallah ALLAH akan mengumpulkan kita dengan orang – orang yang sholih ketika kita berazzam ingin taat kepada ALLAH. karena sebaik – baik sahabat adalah dia yang selalu mengingatkan dan mengajak kita dalam sebuah ketaan pada ALLAH saja. 

Imam Syafi’I  “Apabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah Subhanahu Wata A ‘la. 

 Hasilnya sob insyallah Ketenangan jiwa, ketentraman hati dan fikiran akan kita dapatkan. Bukan kah itu tujian kita hidup senantiasa  taaa dalam  kehidupan. 

Rasulullah Shalallaahu alaihi wasalam bersabda,

“Sesungguhnya Allah pada Hari Kiamat berseru, di mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini akan Aku lindungi mereka dalam lindungan-Ku, pada hari yang tidak ada perlindungan, kecuali perlindungan-Ku.” (HR. Muslim)



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!