Monday, May 7, 2018

Sahabat Lillah Bawaku ke Jannah


Oleh : Silvia Anggraeni S,  Pd


Sebagai manusia kita diciptakan untuk saling membutuhkan satu sama lain. Karena tak selamanya kita bisa melewatinya sendiri.


Betapa banyak orang yang lalu lalang dalam kehidupan kita. Ada yang sekedar berlalu kemudian terlupakan,  namun ada yang bertahan. Itulah yang dinamakan teman.  


Dari usia kanak,  sekolah bahkan dewasa kita pasti memiliki teman.  Walau jumlahnya pasti berbeda satu dan lainnya.  Diantara begitu banyak teman Ada yang sekedar menganggap kita sebatas orang yang mereka kenal, namun diantara teman itu Ada yang menempatkan kita di salah satu sisi hatinya, yang menyelipkan doa ditiap munajahnya.  Yang selalu ingin kita bisa tetap dalam iman yang istiqomah,  dialah sahabat lillah. 


Betapa indah persahabatan ini,  jalinannya Tulus bahkan sampai ke Jannah. Karena mereka akan terus memberi nasehat kala kita berbuat salah. Dalam hadits Rosulullah menjelaskan bahwasannya sahabat mukmin dapat memberi syafaat di yaumil akhir kelak. Masya Allah.


Dari Abu Said al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, dalam hadis yang panjang, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda tentang syafaat di hari kiamat, 


Setelah orang-orang mukmin itu dibebaskan dari neraka, demi Allah, Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, sungguh kalian begitu gigih dalam memohon kepada Allah untuk memperjuangkan hak untuk saudara-saudaranya yang berada di dalam neraka pada hari kiamat. Mereka memohon: Wahai Tuhan kami, mereka itu (yang tinggal di neraka) pernah berpuasa bersama kami, shalat, dan juga haji.


Dijawab: ”Keluarkan (dari neraka) orang-orang yang kalian kenal.” Hingga wajah mereka diharamkan untuk dibakar oleh api neraka.


Para mukminin inipun mengeluarkan banyak saudaranya yang telah dibakar di neraka, ada yang dibakar sampai betisnya dan ada yang sampai lututnya.


Kemudian orang mukmin itu lapor kepada Allah, ”Ya Tuhan kami, orang yang Engkau perintahkan untuk dientaskan dari neraka, sudah tidak tersisa.”


Allah berfirman, ”Kembali lagi, keluarkanlah yang masih memiliki iman seberat dinar.”


Maka dikeluarkanlah orang mukmin banyak sekali yang disiksa di neraka. Kemudian mereka melapor, ”Wahai Tuhan kami, kami tidak meninggalkan seorangpun orang yang Engkau perintahkan untuk dientas…” (HR. Muslim no. 183).


Subhanallah sungguh indah persahabatan yang terjalin karna Allah.  Ia mampu menghapus lara kala menurunnya taqwa.  Ia datang membangkitkan iman yang tergerus dosa.  Perbanyak lah sabahat lillah, sesungguhnya ia mampu mendatangkan ampunan sang Illah.


Allahu A'lam



















Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!