Thursday, May 10, 2018

Rupiah Melemah


Oleh : Rindoe Arrayah


       Nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dalam sepekan ini ada pada level Rp 13.700 sampai Rp 13.800, dan sempat pada level Rp 13.965 per Kamis, sekaligus merupakan yang tertinggi dan hampir menyentuh angka Rp 14.000. (Kompas.com, 3/5/2018)


"Cadangan devisa akhir April 2018 diperkirakan terus merosot hingga 123 miliar dollar AS," ungkap Bhima kepada Tribunnews.com, Jum'at (4/5/2018) di Jakarta.


"Pelemahan kurs rupiah prediksinya akan berlanjut hingga pekan depan seiring terus keluarnya dana asing di pasar saham Rp 3 triliun dalam seminggu ini," kata ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira Adhinegara saat dihubungi Kompas.com, Minggu (6/5/2018)


"Sampai akhir bulan Mei, diprediksi rupiah berkisar antara Rp 13.900 sampai Rp 14.000," tutur Bhima.


Melemahnya nilai tukar rupiah dengan dollar AS menunjukkan betapa penerapan sistem ekonomi kapitalis dengan sistem moneter berbasis fiat money menjadikan Indonesia terus berada dalam kubangan utang dan ancaman krisis. Hal ini adalah jalan penjajahan politik dan ekonomi negara adidaya atas negara-negara seperti Indonesia yang kaya raya.


Solusi satu-satunya dari permasalahan ini adalah menerapkan sistem ekonomi Islam dengan sistem ekonomi berbasis emas perak yang menjamin kedaulatan politik dan ekonomi rakyat.


Hanya dengan kembali kepada syari'at Ilahi segala permasalahan akan teratasi termasuk masalah ekonomi.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!