Saturday, May 12, 2018

Rindu Berat sama Ramadhan, Kudu itu !


Oleh : Fauziah Ayu lestari

(Pengajar Insantama , Malang)


Assalamu’alaykum sobat muda, gimana kabarnya? Dimana pun sobat muda berada semoga Allah senantiasa merahmatimu.  Btw, ada yang tau g sih ini bulan apa ya sob????  Pasti kebanyakan dari kalian bakal jawab bulan Mei bentar lagi Juni.  Ya kan? Memang apa yang istimewa dari bulan ini?  Perasaan biasa aja tuh.  Eits, ntar dulu Sob…

Sekilas emang g ada yang istimewa sama bulan Mei.  Tapi coba deh sobat muda lihat kalender lain. Emang ada ya kalender lain? Kalender yang banyak tanggal merahnya gitu? (tepok jidat sendiri). Ya ada lah sob, kalender Hijriah namanya (hari gini g kenal bulan Hijriah?). Menurut kalender Hijriah sekarang tuh waktunya Sya’ban sob.  So What dengan  Sya’ban????   Ya.. berarti bentar lagi Ramadhan coy... 

Tapi sebelum bahas Sya’ban dan Ramadhan,  sebelumnya kita bertemu dulu bulan Rajab.  Rajab adalah bulan istimewa, banyak kejadian besar yang terjadi di bulan Rajab. Salah satunya adalah turunnya perintah sholat bagi umat Nabi Muhammad SAW, yang dikenal dengan peristiwa Isra’ dan Mi’raj. Hayo, siapa yang masih ingat sama kisah satu ni  (jangan-jangan udah lupa ya) ???? Sejak saat itu setiap muslim diwajibkan untuk melaksanakan sholat 5 waktu.  Btw, yang sholatnya masih  bolong – bolong siapa ya?  Buruan tobat sebelum datang kiamat. Dan pastinya masih banyak momen  penting yang terjadi di bulan Rajab. Penasaran kan? Yang penasaran silakan cari tahu sendiri ya . Ya ela….

Anyway, di Sya’ban ini bisa dikatakan sebagai pintu gerbang menuju bulan suci Ramadhan. Udah pada beres nih ‘utang’ puasa  tahun kemaren? Oh..I see..sudah dibayar Syawal kemaren. Syukurlah.  Soalnya, Aisyah ra mengatakan : “ Aku dahulu punya kewajiban puasa. Aku tidaklah bisa membayar utang puasa tersebut kecuali pada bulan Syaban.” (HR. Bukhari).  Hadits ini merupakan dalil tentang batas membayar qadha puasa Ramadhan.  Jadi g boleh ditunda-tunda ya Sob, kalau tanpa uzur syar’i.

O iya, ada yang kangen g sama bulan Ramadhan? Jangan bilang sobat semua kangen karena banyak makanan, bisa ngabuburit, main petasan and bla,bla,bla ya .  Bulan Ramadhan itu , bulan penuh berkah sob. Tau g sih, setiap amal baik kita di bulan  ini akan dilipat gandakan pahala 10 kali lipat. Masya Allah…..

Nabi bersabda : “ Setiap amalan anak Adam, kebaikannya dilipatgandakan menjadi sepuluh sampai tujuh ratuskali ipat. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman : “kecuali puasa. Sesungguhnya amalan puasa itu adalah (khusus) bagi-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya. Karena (orang yang berpuasa) meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku “.   (HR. Bukhari dan Muslim ).


             Di bulan yang disebut sayyidu syuhur ( Raja segala bulan), terdapat suatu malam yang disebut lailatul Qadar, sebagaimana firman Allah SWT  dalam Al Qur’an , “Sesungguhnya Kami  telah menurunkannya (Al Qur’an) pada malam Kemuliaan.  Dan tahukah kamu apakah malam Kemuliaan itu ?  Malam Kemuliaan lebih baik dari seribu bulan.  Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya mengatr segala urusan.  Malamitu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar “. (TQS. Al Qadar 1-5).

             Makanya rugi banget kan kalo kita menyia – nyiakan bulan Ramadhan ini. Misalnya dengan melakukan amal yang justru bisa menghapus pahala puasamu Sob. Nabi pernah bersabda : “ Betapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapat apapun  dari puasanya itu, selain lapar dan dahaga saja” (HR. Ath Thabrani). Na’udzubillah ya Sob. 

             Yang harus diingat juga, seberapa baik kualitas ibadahmu di bulan Ramadhan itu ditentukan dari bagaimana persiapanmu di bulan sebelumnya. Loh, koq gitu? Jadi ibaratnya bulan Rajab dan Sya’ban  ini pintu gerbang menuju Ramadhan. So, kudu siap – siap dari sekarang biar pas Ramadhan entar kita g kecolongan. Puasa kita penuh keberkahan, dan layak mendapatkan predikat muttaqien.  Makanya g heran kalo Rasulullah sendiri berdo’a di bulan Rajab ini.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبِ وَ شَعْبَانَ وَ بَلِّغْنَا رَمَضَانَ

Yang artinya “ Ya Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan”

Kalo Rasulullah yang dijamin masuk surga aja masih berdo’a biar Rajab dan Syab’an berkah, nah kamu gimana sob? So, persiapkanlah Ramadhanmu mulai dari sekarang ya .  Yang masih bolong sholatnya diperbaiki lagi. Yang belum biasa puasa , latihan puasa sunah dari sekarang.  Yang belum biasa bangun tahajud dibiasakan dari sekarang, biar ntar pas Ramadhan kamu g kesiangan sahurnya.  G ada alasan ya,  g puasa gara-gara g sahur.  Trus,  yang belum biasa baca Qur’an biasakan tilawah dari sekarang . Biar kamu g megap-megap pas Ramadhan disuruh tilawah sama ortu.  And then.... yang lebih penting lagi kudu istiqomah guys. Karena yang berat itu sebenarnya bukan rindu aja  Sob, tapi Istiqomah.  Umur g ada yang tahu loh ya.. So, jangan sia – sia kan waktumu. Yuks sambut Ramadhan Kariem.

Oke sob, cukup sekian dulu deh. Wassalamu’alaykum wr. wb.(). 




Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!