Sunday, May 27, 2018

Renungan Beramal Sholeh


Oleh: Minah 


Setiap manusia, pasti menginginkan yang terbaik dalam  hidup ini. Beramal sholeh demi meraih ridho Allah


Namun, sebagai renungan kita, sejauh  amal  yang kita lakukan, apakah sudah sesuai yang diperintahkan Allah? Karenanya kita butuh merenung dan berdoa agar segala amal sholeh kita diterima di sisi Allah. 



Betapa  indah arti doa ini " Ya Tuhan kami terimalah dari kami (amalan kami) sesungguhnya Engkaulah  Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Baqarah:127)


Dari tafsirnya  dijelaskan Bahwa  doa ini dibaca oleh Nabi Ibrahim as. Dan putranya Nabi Ismail as. Ketika mereka membangun Ka'bah.


Walaupun  mereka selalu  melakukan perbuatan  yang baik, mereka tetap berdoa kepada  Allah  agar amalan mereka diterima dan tidak  sia-sia.


Tidak bisa dipungkiri umat  Muslim sekarang, tak jarang masih berberleha-leha dengan perbuatan  yang minim ilmu, dan jauh dari perbuatan yang baik.


Namun, hanya bagi mereka  yang tahu ilmu Islam, sehingga berupaya untuk beramal sholeh. Dengan catatan bahwa berharap  segala  amalnya  diterima disisi Allah. Salah satunya dengan  memanjatkan doa diatas. 


Saya pribadi  terkadang  sedih  dan khawatir jika amal perbuatan yang kita lakukan malah sia-sia  atau tidak diterima. Disini kita harus sering merenung bahwa berharaplah  dan berdoalah  agar segala  perbuatan  kita diterima Allah. Dengan dibarengi  Ilmu dan caranya sesuai yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Karena syarat diterimanya amal kita yakni niatnya benar semata-mata hanya ingin  mendapatkan ridho Allah dan caranya juga harus benar yakni sesuai dengan yang dicontohkan oleh Rasulullah.


Semoga  kita terus berupaya  mampu  beramal sholeh, dan berharap dan terus berdoa agar amal kita diterima disisi Allah. Aamiin.


#RamadhanBersamaRevowriter

#InspirasiRamadhan

#JemariMenariMinah


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!