Wednesday, May 16, 2018

Remaja Balaraja Mengkaji Feminisme dalam Kacamata Islam


Balaraja, ahad 13 MEI 2018 komunitas KAREEMAH (Kajian Remaja Muslimah) mengadakan acara bertemakan "Wonder Muslimah Say No To Feminisme" di Majelis Ta'lim Al Jihad Balaraja. Sejak pukul 08.00 para peserta sudah berdstangani untuk registrasi. Adapun acara KAREEMAH ini diikuti oleh para remaja yang berdomisili di daerah Balaraja, Jayanti dan Kresek.


Acara yang di pandu oleh ukhti widya ini di awali dengan salam dan yel yel penyemangat, suasana pun menjadi lebih meriah. Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Al Quran  oleh ukhti yeyen.


Ukhti Sri Astuti Am. Keb. sebagai pemateri menyampaikan bagaimana awal mula gerakan feminimisme ini muncul, yakni semua berawal dari kondisi wanita yang sangat tidak menguntungkan. Wanita berdasarkan sejarah peradaban hanya menjadi komoditi yang bisa di perjualbelikan, sebagai pemuas nafsu pria, di anggap sebagai budak bahkan di sejarah arab jahiliyyah ketika itu anak perempuan di kubur hidup-hidup. 


Dari latar belakang itu lah gerakan feminisme lahir. Yakni  di awali oleh wanita eropa yang merasa prihatin akan kondisi wanita pada saat itu, lantas digaungkanlah keseteraan gender. Pemateri pun memaparkan bagaimana tuduhan kaum Feminisme terhadap Islam, menganggap aturan Islam mendikriminasi perempuan dari segi batasan aurat, waris, persaksian, poligami, dll. Namun nyatanya hingga saat ini kondisi perempuan semakin mengerikan jauh dari fitrahnya. Ukhti Sri Astuti Am.Keb pun menjelaskan bahwa Islam memuliakan wanita.  Tuduhan-tuduhan kaum feminisme tidaklah benar. Pada akhir pemaparan pemateri penjelaskan peran sesungguhnya wanita di dalam keluarga, masyarakat dan negara.


Setelah pemaparan materi, diadakan sesi tanya jawab. Dalam sesi tersebut, antusiasme peserta menambah hangat suasana dengan beberapa pertanyaan yang diajukan kepada pemateri. Lalu materi  di tutup dengan pembagian give away dari Tim KAREEMAH. Acara di lanjutkan dengan games yang di ikuti oleh para peserta acara, kemudian acara di tutup dengan do'a yang di bacakan oleh ukhti Evi.


Setelah berakhirnya acara para peserta diajak untuk menikmati salad buah yang di sajikan oleh para Tim Kareemah dan mengisi lembar kuisoner. Alhamdulillah sebagian besar dari peserta menginginkan terus secara rutin acara KAREEMAH diselenggarakan.




Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!