Tuesday, May 22, 2018

Ramadhan Tiba, Maksiat Jeda


Oleh: Minah, S.Pd.I

(Pemerhati Remaja, Lingkar Studi Prempuan dan Peradaban)


Alhamdulillah Ramadhan kini datang menjelang. Kaum muslimin semua senang. Suasana pun jadi tenang. Karena bulan ini adalah bulan kemenangan. untuk siapa sob? Tentunya untuk kita kaum Muslimin. By the way, kita pasti udah ngeh kalo bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah Swt. Itu sebabnya, kita semua gembira menyambut Ramadhan. Bener?


Hmm. Pengennya nih ketika ramadhan tiba, maksiat jeda secara total. Tapi, tak jarang maksiatnya jeda saat ramadhan saja, namun setelah ramadhan berakhir lanjut maksiat. Astaghfirullah. Nah, disini kita kudu hati-hati sob, karena ramadhan itu tak hanya menahan lapar dan haus saja tapi, kita kudu yakin bahwa menjalankan puasa dibulan ramadhan adalah suatu kewajiban. Harus menahan hawa nafsu, lisan terjaga, dan amal-amal sholeh ditingkatkan serta menghindari maksiat.


Menjalankan ramadhan adalah suatu kewajiban bagi setiap Muslim. Selain itu, jika kita mampu berpuasa dan sukses dalam menjalani ramadhan maka kita akan meraih ketakwaan. Sebagaimana firman Allah:


“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana puasa itu diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertaqwa.” (QS. Al-Baqarah:183)


“Siapa saja berpuasa ramadhan dan menghidupkan ramadhan dengan dilandasi keimanan dan semata-mata mengharap ridho Allah SWT niscaya diampuni dosanya yang telah lalu. Siapa saja yang menghidupkan lailatul qadar dengan dilandasi keimanan dan semata-mata mengharap ridho Allah SWT niscaya diampuni dosanya yang telah lalu.” (HR. Tirmidzi)


Bulan ramadhan inilah waktu yang pas untuk berubah, mampu mengubah gaya hidup sesuai aturan dari Allah, dirinya berusaha bisa menjadi lebih baik, tentu ini untuk mereka yang bener-bener serius menginginkan perubahan dalam dirinya. Namun, tak jarang berubahnya sesaat, saat ramadhan mendadak menutup aurat, tingkah laku lebih baik, maksiat jeda, lah… saat diluar ramadhan kelakuan kembali lagi, tak menutup aurat, maksiat jalan lagi. Astaghfirullah.


Padahal, Bulan suci ramadhan seharusnya menjadi momentum untuk menambah kuantitas amal dan kualitas amal kita. Oleh karena  itu, yuk kita mengubah diri kita dengan Islam, dan tentunya tidak setengah-setengah, tapi kudu totalitas dengan tuntunan Islam.


Yuk, kita benahi diri kita untuk menjadi lebih baik mumpung bulan Ramadhan. Semoga Allah menjadikan kita sebagai hamba-hambaNya yang mendapat berkah, rahmat, dan ampunan. Jadi, jangan takut untuk berubah menjadi baik! Semoga ‘semangat’ Ramadhan ini bikin kita berhenti sama sekali dari perbuatan maksiat. Dan sebaliknya, kita getol beribadah. Aamin. So, jadikan ramadhan ini menjadi momentum kita menjadi lebih baik. maksiat jeda dengan totalitas serta yang ada senantiasa menjalankan aturan Islam secara totalitas atau menyeluruh. Senantiasa tunduk dan taat kepada Allah SWT.


Selamat menjalankan puasa ramadhan.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!