Friday, May 11, 2018

Ramadhan Is Coming



Oleh: YuyunH2I

( pengajar dan komunitas revowriter)



­čÄ╝Ramadhan tiba 2X

Marhaban Ya Ramadhan 

Ramadhan tiba semua bahagia

Tua dan muda bersuka cita

Bulan ampunan bulan yang berkah

Bulan terbebas api neraka.

Marhaban ya Ramadhan­čÄ╝­čÄÖ



Pas banget lirik lagunya dengan suasana yang akan kita rasakan. Ramadhan. Lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi Opick yang lagu-lagunya semua bernunsa Religi. Ramadhan tiba, kedatangannya tinggal menghitung hari. Setiap muslim pasti bahagia menyambutnya. Kita bahagia gak ya menyambutnya?


Harus bahagia dong, Karna bulan Ramadhan bulan yang penuh ampunan Allah. 


Rasullullah bersabda:" sungguh rugi seseorang yang ketika (nama)-ku disebut di sisinya, dia tidak bershalawat atasku. Sungguh rugi seseorang yang bertemu dengan Ramadhan berlalu darinya sebelum dosa-dosanya diampuni. Sungguh rugi seseorang yang mendapati kedua orangtuanya dalam keadaan renta, tetapi keduanya tidak (menjadi sebab yang) memasukannya ke dalam surga (HR. Tirmidzi, Ahmad, Ibnu khuzaimah dan al-Hakim)


Sobat yuk, kita gunakan waktu bulan Ramadhan dengan sebaik-baiknya. Menjalankan puasa Ramadhan bukan hanya menahan haus dan lapar saja tapi bisa mengendalikan hawa nafsu juga. 


Perintah puasa bukan hanya Allah perintahkan kepada kita aja loch. Mulai dari tua, muda yang sudah balig dan berakal. Ternyata perintah puasa ini sudah Allah wajibkan kepada orang- orang sebelum kita. Dari pertama perintah puasa di turunkan kepada Rasullullah dan akhirnya sampe juga ke kita. 


Buat apa sih, Allah mewajibkan kita berpuasa. Supaya kita menjadi hamba-hamba Allah yang bertakwa.

Seperti firman Allah yang artinya" Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa, sebagaimana puasa itu diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian, agar kalian bertakwa (TQS. Al-baqoroh: 183).


Itu tujuan Allah memerintahkan kita puasa yaitu takwa.


*Sukses Ramadhan*


Siapa yang mau jadi orang sukses? Pasti pada maukan!. Sukses itu suatu keberhasilan atau suatu prestasi. Bisa prestasi di sekolah, di kampus dll. Atau sukses ketika cita-cita yang selama ini diimpikan bisa terwujud. Seneng. Apa lagi suksesnya bukan hanya di dunia tapi di akhirat juga. Mau.


Ya. Karna kita sebagai seorang muslim kesuksesan itu ketika menjalankan semua perintah dan laranganNya. Terus gimana ya, biar bisa sukses puasa kita di bulan Ramadhan? 


//pertama Niat//


Sob, niat itu penting loch, menentukan nilai amal seseorang. Sampai-sampai Rasul menyampaikan ke kita lewat sabdanya: “Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan” (HR Bukhari & Muslim).


Fungsi niat itu untuk membedakan satu ibadah dengan ibadah yang lainnya. Semua aktivitas ibadah kita ada niatnya. Fungsi niat juga untuk menentukan tujuan ibadah seseorang, begitu juga dengan puasa. Niat kita puasa karna siapa. Karna perintah Allah apa karna  mengharap pujian dari manusia.


//Ke dua Cara//


Sobat, sukses itu ada caranya. Caranya ini pengaplikasian dari ilmu. Makanya penting banget kita menuntut ilmu. Yuk Ngaji supaya tau apa saja yang membatalkan puasa dan yang bisa menggagalkan pahala puasa. Apakah puasa kita sudah sesuai dengan yang diperintahkan Allah dan dicontohkan oleh Rasull. Cara itulah yang kita tiru.  Caranya sesuai syariat dan niatnya karna Allah.


//Ke tiga Ikhlas//


Allah akan menerima ibadah kita kalau kita menjalaninya dengan ikhlas. Hanya mengharap ridhoNYA semata. 


Sobat, semoga tiga poin ini bisa menjadikan sukses puasa kita di bulan Ramadhan bulan yang penuh ampunan dan berkah. Menjadikan takwa sebagai tujuan kita. Fokuskan niat, cara dan ikhlas kita hanya kepada Allah.  Ramadhan Is Coming. Wallahu a'alam


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!