Tuesday, May 8, 2018

Ramadhan Di Pelupuk Mata, Sudah Siapkan Apa?


Oleh : Fatimah Azzahra, S.Pd (Anggota Komunitas Revowriter Bandung)


Bulan suci Ramadhan akan segera datang. “Hawa”nya sudah mulai terasa, dari mulai “hawa” panas cuacanya, “hawa” serba islami dimana-mana dilayar kaca juga di tempat belanja, “hawa” serba serbi es berseliweran di iklan khususnya es sirup itu, juga “hawa” kue lebaran dan baju lebaran. Setiap tahun bertemu Ramadhan, tapi tak jua merasakan perubahan. Hanya rutinitas yang berulang, yang dinanti bukannya beramal sholeh, tapi justru buka bersama yang campur baur haha hihi, belanja serba serbi lebaran. Ada apa dengan kita, khususnya diri ini? Harus kita evaluasi bersama, kenapa kita tak kunjung taqwa.

Layaknya menghadapi momen yang istimewa, baik itu ujian, atau liburan, juga Ramadhan, haruslah ada persiapan agar optimal amal kita. Jangan sampai Ramadhan berlalu begitu saja, tanpa kita sadari. Beberapa hal yang harus disiapkan diantaranya, persiapan fisik, persiapan target, persiapan harta, dan persiapan ilmu. Pertama, persiapan fisik, agar kuat melaksanakan shiyam beserta amal sholeh lainnya, fisik haruslah kuat. Jangan lupa olahraga teratur dan menjaga pola makan. Jangan tergoda makan dan minuman yang tak sehat. Kedua, persiapan target, agar Ramadhan menjadi berarti, kita harus membuat target. Target ini dihiasi dengan target amal sholeh selama Ramadhan. Bisa target hafalan Qur’an, atau banyak bacaan Qur’an ingin khatam berapa kali, sholat rawatib, dhuha, dan lainnya. Agar lebih indah, baiknya target ini dikomunikasikan dengan keluarga, agar saling mengingatkan dan memotivasi. 

Ketiga, persiapan harta, bukan untuk belanja, tapi untuk memperbanyak sedekah. Bisa dengan langsung sedekah harta atau juga menyedekahkan ta’jil untuk buka puasa di masjid terdekat atau yang lannya. Bisa juga memberikan baju baru bagi mereka yang membutuhkan. Terakhir, tapi yang paling penting, adalah persiapan ilmu. kita harus banyak membaca dan menyerap ilmu mengenai persiapan Ramadhan dan amal sholeh di dalamnya. Karena manusia akan beramal sesuai dengan ilmunya. Rugi sekali kita tak beramal di bulan Ramadhan yang pahalanya besar-besaran, hanya karena kita tak tahu atau tak mencari tahu.

Semoga Ramadhan kali ini bisa meng-upgrade diri kita menjadi insan yang bertaqwa di 11 bulan ke depan. Semoga tak lagi sama, kita sekarang dengan kita setelah Ramadhan kali ini. 

   Wallahu’alam bish shawab.



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!