Friday, May 18, 2018

Ramadhan Bulan Syurga


Oleh : Asma Ridha (Member Revowriter Aceh)


Memasuki hari ke dua di bulan ramadhan, menunjukkan telah berkurangnya satu hari dari hari istimewa yang kita jalani. Sudahkah kita menjadi jiwa yang merugi?, ketika hari pertama di bulan ramadhan belum optimal dalam ibadah dan aktivitas langit lainnya. Di hari kedua ini sepatutnya menjadi cambukan diri agar lebih ekstra memaksakan diri dalam beribadah. 


Bagaimana tidak ? Ramadhan adalah bulan syurga bagi umat muslim. Jangankan ibadah wajib dan sunnahh lainnya. Ibadah mubah saja berlevel pahala sunnah. Bisa di bayangkan apabila ibadah wajib apalagi sunnah.. Woww.. Sungguh merugi jika tak satupun kita dapatkan banus pahala dari Allah swt di bulan ini. Kunci menuju syurga ada di mana-mana dan bahkan ada pada diri kita masing-masing yakni menjadikan hati, jiwa dan seluruh anggota tubuh ringan dalam beribadag dan taat serta patuh terhadap segala perintah-Nya.


Sadarkah kita, bahwa ramadhan adalah bulan syurga. Karena berpuasa, seseorang menjaga perkataannya dari perkataan kotor, sia-sia, menggosip dan memfitnah. Karena berpuasa seseorang menahan amarah dan emosional yang telah memuncak, karena berpuasa pula menjadikan dirinya ingin larut dalam ibadah. Tentu hal ini butuh iman yang kuat, karena Allah hanya menyeru bagi mereka yang beriman untuk sanggup melakukan amalan ibadah mulia ini.


يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُون


Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,

Sebagaimana puasa ramadhan, tidak semua muslim sanggup melakukannya. Karena muslim yanh beriman saja yang mau melakukannya. Karena dia faham, bulan. Spesial ini tidak boleh ada detikpun yang disia-siakan.


 Sabda Rasulllah SAW :

"Apabila datang Ramadhan : pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan setan-setan dibelenggu.” (HR. Muslim)


Benar bukan "Ramadhan Adalah Bulan Syurga". Setiap amalam bulam ini tidak ada yang tidak Allah beri bonus pahala. Rasulullah SAW juga menegaskan :

"Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat.” Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya. Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Bukhari dan Muslim).


Sungguh ini hanya dapat diperoleh ribuan limpahan keberkaham dan kebaikan bagi mereka yang mau menjalankannya saja. Karena Rasulullah SAW saja jauh-jauh hari sudah meenegaskan kita akan meruginya bagi setiap muslim yanh tidak termotivasi mengejarnya.


لَوْيَعْلَمُ مَافِى هٰذَاالشَّهْرِ مِنَ الْخَيْرَاتِ لَتَمَنَّتْ اُمَّتِى اَنْ يَكُوْنَ رَمَضَانُ السَّنَةَ كُلَّهَا (رواه الطبرانى)



Artinya : “Seandainya umatku mengerti kebaikan-kebaikan yang ada di bulan ini (Ramadhan), niscaya umatku mengharapkan dalam setahun menjadi Ramadhan semuanya.” (HR. Ath-Thabrani)


Mari raihlah kunci syurha di bulan rahmat ini. Cukuplah ungkapan Rasul berikut menjadi pecutan yang keras bagi kita :

لِلْجَنَّةِ بَابٌ يُقَالُ لَهُ الرَّيَّانُ لَايَدْخُلُهٗ اِلاَّ الصَّائِمُوْنَ وَهُوَمَوْعُوْدٌ بِلِقَاءِاللهِ تَعَالَى فِى جَزَآءِ صَوْمِهٖ (رواه البخارى ومسلم


Artinya : “Surga itu mempunyai pintu yang disebut Rayyan, dimana pintu itu tidak dimasuki kecuali oleh orang-orang yang berpuasa, dan ia diberi janji untuk bertemu dengan Allah Ta’ala dalam balasan puasanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)


Dalam sebuah hadits disebutkan :


قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اَلْجَنَّةُ مُشْتَاقَةٌ اِلَى اَرْبَعَةِ نَفَرٍ : تَالِى الْقُرْاٰنِ وَحَافِظِ الِّلسَانِ وَمُطْعِمِ الْجِيْعَانِ وَالصَّائِمِيْنَ فِى شَهْرِ رَمَضَانَ



Artinya : Bersabda Rasulullah saw. : “ Syurga itu rindu kepada empat golongan, yaitu : 1. Pembaca Al-Quran 2. Penjaga lesan 3. Pemberi makan kepada orang yang lapar dan 4. Orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadhan. (Al-Hadits)


Masih ada 28 hari kedepan, mari kencangkan ibadah, dan anggaplah ramadhan ini adalah ramadhan terakhir. Sehingha rakus dalam beramal dan merindukan syurga.


 Wallahu A'lam Bisshawab


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!