Saturday, May 26, 2018

Ramadhan Berkah, Ramadhan Hijrah


Oleh : Anisa Mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat Fakultas Ekonomi dan Bisnis 


Sudah delapan hari kita melalui puasa di bulan Ramadhan ini. Bulan yang suci, dimana bulan ini adalah bulan diturunkannya Al-Qur'an. Al-Qur'an yang merupakan pedoman hidup seluruh manusia dalam menjalani kehidupan dan menjadi solusi dari semua masalah. Di bulan Ramadhan semua pintu surga terbuka sebagaimana dalam hadist Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: “Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu” [Muttafaqun ‘alaihi]. Sebagai seorang muslim kita harus berbahagia dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, karena setiap ibadah yang kita lakukan Allah lipat gandakan dan di bulan ini juga ampunan Allah begitu luas untuk orang-orang yang bertakwa. 


Dibulan Ramadhan ini yang harusnya disambut dengan suka cita dan dengan taqwa. Namun melihat kondisi sekarang ini banyak sekali masalah-masalah umat yang terjadi, baik dari segi akidah, akhlak ataupun dalam hal lainnya. Seharusnya dalam menyambut bulan Ramadhan keimanan dan ibadah seseorang semakin meningkat, namun bagi sebagian orang Ramadhan hanya sebagai ibadah ritual saja dan tidak dijadikan sebagai cara untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. 


Ramadhan tahun ini disambut dengan kejadian bom dibeberapa gereja Surabaya, dimana dari kejadian itu terdapat banyak korban. Di setiap Ramadhan pun bahan-bahan pokok seperti bawang, telur, minyak goreng, daging, dan bahan pokok lainnya mengalami kenaikan harga. Contohnya saja di pasar Inpres, minyak goreng dari harga Rp 12.000 per kilogram menjadi Rp 12.500 per kilogram. Bapak Kapolres Lhokseumawe AKBP Ari Lasta meminta kepada seluruh pedagang agar menjual barang atau produk sesuai dengan harga pasar dan agar penjual tidak menimbun barang yang akan menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga di pasar. (Kompas.com) 


Untuk menciptakan kondisi yang aman dan tertib bagi masyarakat, Polresta Bandar Lampung melakukan razia di beberapa tempat hiburan seperti karaoke, cafe, diskotik dan tempat hiburan lainnya di Bandar Lampung pada tanggal 12 Mei 2018 dini hari. Selain melakukan razia polisi juga menyita minuman keras yang ilegal atau tidak izin dari pemerintah. (Kupastuntas.co)


Di bulan Ramadhan yang suci ini dimana semua pintu surga dibuka seluas-luasnya bagi orang yang bertaqwa dan pintu neraka di tutup bagi mereka yang mau bertobat. Di bulan Ramadhan ini juga semua ibadah yang dilakukan Allah lipat gandakan pahalanya dan di bulan ini ada satu malam yang lebih baik dari seribu bulan serta yang utama adalah di bulan ini juga pedoman atau kitab suci Al-Qur'an diturunkan oleh Allah kepada seluruh manusia. 


Bulan Ramadhan ini juga seperti training atau pelatihan bagi umat islam, kenapa? Karena di bulan Ramadhan umat islam harus berpuasa atau menahan hawa nafsunya. Baik hawa nafsu dalam hal makanan, hati, perkataan ataupun tingkah laku. Sehingga umat muslim yang berpuasa harus menahan hawa nafsu nya, menjaga hati nya dari segala penyakit hati serta harus menjaga tingkah lakunya. Jadi di bulan Ramadhan ini umat muslim terjaga dari semua kemaksiatan sehingga di saat berakhir nya bulan Ramadhan akan menjadikan seseorang menjadi pribadi yang lebih beriman dan bertaqwa. Karena selama kurang lebih 1 bulan sudah di lakukan training. Hal-hal yang perlu dilakukan di bulan suci Ramadhan ini adalah seperti puasa, shalat fardhu dan shalat sunnah, memperbanyak sedekah dan setiap malam ataupun siang membaca Al-Qur'an. 


Karena bulan Ramadhan adalah momentum yang tak setiap waktu bisa kita nikmati, maka mulai saat inilah ketika Ramadhan telah tiba mari kita bersama-sama memperbaiki diri. Tidak hanya sesaat sampai bulan suci ini berlalu, tapi hijrah yang sebenarnya di bulan yang penuh berkah hingga ketika Ramadhan lewatpun kita tetap konsisten memperbaiki akhlak dan pribadi kita sebagai umat muslim. Maka dari itu, masih ada tiga Minggu lagi untuk serius memperbaiki niat untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Mari berhijrah diawali di bulan yang penuh berkah.








 



 



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!