Monday, May 14, 2018

Ramadhan, Aku Padamu


Oleh : Dian Arifia

(Mahasiswi STAI Brebes)


Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nanti bagi setiap orang yang beriman, banyak keutamaan-keutamaan yang akan diperoleh dalam bulan yang mulia ini, diantaranya yaitu Allah akan melipat gandakan pahala dari setiap amal baik yang kita kerjakan, misalkan saja pahala bagi orang yang membaca Al-Qur’an dibulan yang lain Allah beri ganjaran satu hurufnya bernilai sepuluh kebaikan, tetapi pada saat ramadhan Allah lipat gandakan satu hurufnya menjadi bernilai seratus kebaikan, masyaAllah…..

Ramadhan juga menjadi moment yang biasanya dijadikan oleh kebanyakan orang sebagai salah satu penyebab untuk memacu semangat dalam beribadah. Bagaimana tidak? Sedangkan kita dapati ketika bulan ramadhan banyak masjid-masjid yang menjadi ramai, ayat-ayat suci Al-Qur’an senantiasa dilantunkan, dan masih banyak lagi fenomena-fenomena yang bisa kita lihat dimasyarakat. Tentu saja kita sebagai orang muslim turut merasa senang apabila menyaksikan dan turut serta merasakan nuansa keIslaman yang semakin meningkat di tengah masyarakat, adem gituh yah…. Hehe.

Nah, kita sebagai pemuda Islam sudah melakukan persiapan apa saja nih untuk mengisi ramadhan kita kali ini? Sudah menyusun menu untuk setiap saur dan berbuka puasa, shopping baju baru buat lebaran, ngajakin temen ngauburit. Nah lho, kayaknya ada yang salah deh jika ramadhanmu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat. Padahal kan seharusnya ramadhan itu kita jadikan moment utuk bertaqorub kepada Allah, memaksimalkan ibadah, dan sebagai moment untuk melatih diri kita agar senantiasa tetap taat dan istiqomah dalam 11 bulan ke depan.

Sungguh amat disayangkan jika bulan ramadhan yang datang hanya satu kali setiap tahunnya menjadi tersia-siakan tersebab kita enggan meningkatkan kualitas ibadah kita. Bahkan banyak orang yang menjadikan puasanya itu sebagai alasan untuk bermalas-malasan, tapi semoga kita tidak termasuk yah, hihi… 

Ada nih orang yang saat dikabarkan bulan Ramadhan akan tiba ia begitu antusias, eh nyatanya saat sudah memasuki bulan ramadhan ia justru tidak berpuasa atau mungkin berpuasa tapi enggan melakukan ibadah yang lain, itu kan sama saja dengan PHP yah alias Pemberi Harapan Palsu, (Please jangan baper… Wkwk). Begitu juga dengan orang yang saat awal ramadhan terlihat sekali semangatnya, rajin sholat berjama’ah, menuntut ilmunya juga okey, tadarrus Al-Qur’annya bertambah, dan sebagainya, tapi semakin hari semangatnya semakin menurun dan akhirnya down. Oh No! Tetapi tidak sedikit juga kok yang senantiasa menghidupkan ramadhannya dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat kualitas dan kuantitas ibadahnya semakin meningkat, semoga kita termasuk dalam golongan yang ketiga ini ya teman.

Lalu bagaimana nih supaya kita mampu untuk melejitkan ibadah saat bulan ramadhan dan tetap istiqomah disebelas bulan kedepan? Saya akan mencoba memberi sedikit tips, diantaranya :

1. Luruskan Niat

Sadar atau tidak ternyata niat itu sangat berpengaruh besar ketika kita hendak melangkah atau melakukan sesuatu. Jangan sampai kita mempunyai niat yang salah ketika akan melakukan kebaikan karena niat yang salah bisa merusak nilai dari setiap perbuatan yang kita kerjakan, wah sebegitunya yah ternyata. Nah mangkanya kita kudu lurusin dulu niat kita dalam menjalani ibadah dibulan ramadhan ini. Luruskan niat semata-mata karena Allah, ingin mencari ridho Allah dan menjadi yang terbaik dihadapan Allah, artinya kita kudu ikhlas ngejalanin ibadah untuk Allah. Ingat kan yah hadisnya yang artinya “Segala perbuatan tergantung pada niatnya. Setiap orang akan mendapatkan (pahala) dari apa yang diniatkannya….” (H.R. Bukhori dan Muslim)

2. Buat Daftar Kegiatan

Yups membuat jadwal kegiatan yang akan mengisi aktivitas kita dalam mengisi bulan ramadhan. Dengan membuat daftar atau jadwal kegiatan maka kita berharap dapat menjadi salah satu pengingat ketika diri kita tiba-tiba menjadi future alias malas, ya kan secara yang namanya setan itu kerjaannya selalu menggoda manusia kan untuk bermaksiat kepada Allah. Jadi, diharapkan dengan kita membuat daftar kegiatan tadi kita bisa selalu mengingat dan memacu semangat untuk mengerjakan hal-hal yang sudah kita tuliskan tadi. Eitz, jangan lupa ya teman buat jadwalnya harus yang bener, letakkan hal-hal yang wajib didaftar yang utama dan pertama, kemudian tambahkan hal-hal atau kegiatan yang termasuk ke dalam sunnah, baru deh masukkin daftar yang mubbah tapi porsinya jangan melebihi yang wajib dan sunnah yah dan kalau bisa hindari hal-hal yang makruh serta haram.

3. Hindari Hal-Hal Yang Menjadikan Puasa Sia-Sia

Teman-teman pasti sudah tau kan berbagai hal-hal yang menjadikan puasa kita batal dan tentu saja banyak hal pula yang menjadikan puasa kita sia-sia, misal ketika puasa eh malah pacaran, mungkin banyak dari kalian yang ngeles ginih “Kita pacaran engga ngapa-ngapain kok”. Yakin engga ngapa-ngapain? Tapi ko buktinya jalan berduaan atau chatting mesra-mesraan, kan itu sama ajah zina kali neng. Hihi…. Ada juga nih yang puasa tapi kerjaannya ngomongin orang mulu, waduh sayang kan yah sudah menahan lapar dan haus tapi ibadahnya jadi tidak bernilai apa-apa dihadapan Allah.

4. Berkumpul Dengan Orang-Orang Yang Sholeh

Jadi keinget lagunya Opik yah, hehe. Tapi memang betul teman, supaya kita bisa memacu semangat dalam beribadah, senantiasa memperbaiki diri dan istiqomah dalam kebaikan. Kamu pasti tau kan hadis yang sudah masyhur yang mengatakan bahwa berteman dengan penjual minyak wangi pasti akan terkena juga bau wanginya, nah itu pengibaratan yang pas ketika kamu ingin istiqomah dalam melakukan kebaikan maka carilah teman yang senantiasa mengajakmu pada ketaatan. Ketahuilah pula jika kita mendatangi majelis-majelis ilmu dan berkumpul dalam jama’ah tersebut maka itu bisa menjadi peningkat keimanan dalam diri dari pada hanya membaca buku sendirian di rumah. Begitu pula jika ingin meningkatkan ibadah di bulan ramadhan maka sebaiknya kita mencari teman yang memiliki tujuan yang sama, seperti bergabung dengan Komunitas Sahabat Hijrah Brebes misalnya, eh ko jadi promosi yah, wkwk…

Itu tadi teman sedikit tips yang bisa saya bagi, semoga bisa bermanfaat bagi diri saya khususnya dan bagi pembaca sekalian. Yuk berlomba-lomba dalam kebaikan.



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!