Friday, May 18, 2018

Ramadan : Why Do You Love 'ME'?


Oleh: Shafayasmin Salsabila


Gaeees.. Pernah gak sih kamu ngalamin suka banget sama some one? Ehemm.. Gak mesti lawan jenis sih.


Yang jelas, cinta gak ujug-ujug nongol depan pintu ya.. Pasti ada satu atau sederet alasan yang ngantri. 

Sekedar contoh : 

Saya jatuh hati dengan salah satu sahabat taat, karena dia ngertiin saya bingiiit gt loh. Terus dia pintar, cerdas, kata-katanya jauh dari keluhan, malah seringnya memotivasi. Nyaman kalau cerita lama ke dia. Gak berisik, gak ember. Terus dia juga unik, cantik dan adem dilihatnya. Pinter nulis lagi, wawasannya luas, bacaannya juga berat (isinya). Antara kagum, suka, dan sebagaimya deh. Padahal kenal juga belum lama. Nah itu cuma satu misal ya. 


Menegaskan bahwa cinta hadir karena ada sababiyahnya. 


Lanjut ya.. 

Gaeees.. Jika yang bertanya adalah Ramadan (red. Bulan suci Ramadan) kita bakal jawab apa ya? 

Hemmm... Benarkan kita sungguh-sungguh mencintai Ramadan? Atau sekedar abang-abang lambe (basa basi)? Oh, Nooo! Jangan ya. 


Yuk kita kembali menelisik 'The reason why' nya.. 

Dijamin bikin klepek-klepek.. 😉


Alasan. Sebab. Sederet hal yang membuat Hamba Allah mencintai Ramadan. Diantaranya :


1. Bulan puasa

Ramadan adalah satu bulan, dimana Allah wajibkan kepada umat muslim untuk berpuasa. Ada dalam ayat yang sudah akrab di telinga :

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa" [al-Baqarah/2: 183]. 

"Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu" [al-Baqarah/2: 185)


Tidaklah Allah memerintahkan sesuatu, kecuali ada kebaikan tersimpan di dalamnya. Satu hal yang pasti, ada reward pahala yang dijanjikan. Dan pahala itu lezat, kamu pasti minta lagi dan lagi (andai tau hakikatnya). #AyLopRamadan


2. Bulan diturunkannya Alquran

Gaees, Alquran gt loh, kitab berumur lebih dari 14 abad. Warisan Rasul Saw. Navigator hidup bagi umat manusia. Permulaan ayatnya diturunkan pas di bulan Ramadan. Gimana gak bikin Ramadan jadi spesial? Sesuatu ya.. “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang haq dan yang bathil)…” [al-Baqarah/2: 185]

#AyLopRamadan


3. Di dalamnya ada malam Lailatul Qodar. 

Lailatul Qodar, gaeees... Banyak banget yang pada berburu malam yang satu ini. Malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Wiiih fenomenal tenaaaan.

"Sesungguhnya bulan (Ramadan) telah datang kepada kalian, di dalamnya terdapat sebuah malam yang lebih baik dari seribu bulan, barang siapa yang tidak mendapatinya maka ia telah kehilangan banyak sekali kebaikan “[HR. Ibnu Majah dan dihasankan oleh Al Mundziry] 

#AyLopRamadan


4. Panen pahala

Kok bisa? Yupp, karena tiap amal baik, pahalanya akan dilipatgandakan, wooow, keren ya. Ramadan banjir pahala, Ma syaAllah.. 

"Seandainya manusia mengetahui besarnya pahala yang tersedia dibulan Ramadhan, niscaya dia berharap bulan Ramadhan itu sepanjang tahun". [HR. Ath-Thabrani] 

"Dalam bulan biasa, pahala setiap kebajikan dilipatgandakan 10 kali lipat, namun dalam bulan Ramadhan pahala amalan wajib dilipatgandakan 70 kali lipat dan amalan yang sunah disamakan dengan pahala amalan wajib di luar Ramadhan." (HR Muslim)

#AyLopeRamadan


5. Harapan dihapuskannya dosa

Manusia tempatnya salah. Salah alamat siksa. Siksa tempatnya di neraka. Dan itu berat. Siapapun tak akan kuat. Maka Ramadan hadir membawa satu asa. Ramadan saatnya melebur dosa. In SyaAllah ya.. 

"Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni." [HR. Bukhari no. 38 dan Muslim no. 760].

#AyLopRamadan


6. Saat sempurna untuk melangitkan doa

Peluang emas ada disepanjang bulan Ramadan. Peluang bagi doa-doa memembusi pintu langit. Tak terhalang. 

"Apabila telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu langit dibuka, sedangkan pintu-pintu neraka akan ditutup, dan setan dibelenggu". [HR. Bukhari dan Muslim] 

#AyLopRamadan


Gaeess, bagaimana Ramadan tak berkilau, jika pendarannya memesona sedemikian rupa. Bagaimana bisa tak cinta jika kebaikan yang ada didalamnya tumpah ruah. Karenanya bangun dan bina cinta yang telah ada. Agar wujudnya kian menjelma nyata. Bukan seringan lisan melafadzkan, namun sepenuh perasaan.

#WeLopRamadan


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!