Sunday, May 20, 2018

Ramadan Remaja Maksimal


Oleh : Finta Karina


Ramadan bulan yang penuh berkah telah tiba. Pintu surga dibuka lebar-lebar, pahala ditebar. Tentu aja kita harus maksimal beramal mumpung diberi kesempatan bertemu Ramadan Mubarak. Tau gak sih kalau remaja zaman now adalah harapan umat. So, jangan sampai kita terjebak rutinitas yang estede, alias standar. Apalagi kalau tidak bermanfaat. Langsung banting stir cari kegiatan positif ya gaes... Ingetkan hadits arbain ke-12.


عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: مِنْ حُسْنِ إِسْلاَمِ الْمَرْءِ تَرْكُهُ مَا لاَ يَعْنِيْهِ

[حديث حسن رواه الترمذي وغيره هكذا]

 

Terjemah hadits :

Dari Abu Hurairah radhiallahunhu dia berkata : Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda : Merupakan tanda baiknya Islam seseorang, dia meninggalkan sesuatu yang tidak berguna baginya. (Hadits Hasan riwayat Turmuzi dan lainnya) [Tirmidzi no. 2318, Ibnu Majah no. 3976]



So, kalau kita merasa dekat pada Allah di dalam hati. Terus menyadari Allah senantiasa tau apa yang kita perbuat. Maka kita akan menyibukkan diri dengan sesuatu yang bermanfaat untuk dunia maupun akhirat. Dan dari dua keadaan ini akan memunculkan rasa malu kepada Allah, sehingga kita pun akan mudah meninggalkan apa-apa yang tidak bermanfaat, terlebih lagi perbuatan maksiat.



Okey gaes... Ramadan ini bisa lho kita jadikan momen untuk meng-upgrade diri. Yang biasanya sibuk nonton tv. Sekarang bisa mulai merutinkan tilawah dan menghafal Alquran. Ketika puasa di siang hari, yang biasanya sering pergi ke pulau bantal. Bisa mulai gabung temen-temen yang ikut kajian Islam. Atau bikin even seru iftar bersama untuk berbagi. 



Yang biasanya doyan banget main gawai. Buat ngegame, sekedar chating atau ngevlog yang gak penting. Mending jadikan medsos untuk dakwah. Asyik lho dakwah via medsos. Bisa lewat puisi, nulis cerpen Islami atau bikin meme. Boleh juga kalau mau ngevlog berbagi tsaqofah Islam, kisah teladan maupun dakwah gaul. 



Pokoknya kita sibuk melakukan amal sholih ya gaes.. Jadi inget kisah  Ashim bin tsabit salah satu sahabat nabi. Dia rajin menghafal Alquran dan selalu ikut berjihad. Hingga pada peristiwa Raji', Ashim bin tsabit diutus Rasulullah sebagai juru dakwah bersama lima orang lainnya. Ternyata di tengah perjalanan mereka dikhianati rombongan dari 'Adhol dan al-Qorroh yang sebelumnya meminta para sahabat untuk mengajari syariat dan Alquran. Mereka meminta tolong orang-orang Hudzail. Sampai pengepungan para sahabat nabi menyebabkan Ashim bin tsabit terbunuh. 


Hati Ashim yang dipenuhi rasa cinta kepada Allah dan tubuhnya yang senantiasa bergerak dalam rangka membela agama. Maka Allah membela dan melindunginya dengan cara yang tak pernah terbayangkan.



Saat bani Hudzail mau mengambil kepala Ashim untuk dijual kepada wanita Quraisy, Sulafah binti Sa'ad. Yang ingin membalaskan dendam keluarganya, karena kekalahan perang badar. Sulafah ingin menyiramkan minuman keras ke tengkorak Ashim. Tiba-tiba lebah besar berkerumun menghalangi jenazah Ashim bin tsabit. Orang-orang Hudzail berencana menunggu untuk mengambilnya di sore hari. Tetapi Allah mengirimkan lebah lagi  untuk membawa jenazah Ashim hingga menghilang bersamanya.


Begitulah balasan Allah bagi orang yang senantiasa menjaga agama dan memenuhi hatinya hanya dengan cinta kepada Allah. Siap move on kan gaes... Jadikan bulan ini sebagai start untuk baper alias (bawa perubahan) yang lebih baik. So, ramadan remaja maksimal, siapa takut...



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!