Sunday, May 27, 2018

Puasa Kok Masih Pacaran?


Oleh: Nor Hidayah


Aneh. Puasa kok pacaran? Dalam Islam pacaran itu tidak boleh. Dilarang. Dan pacaran saat puasa, nilai puasanya bisa malah berkurang sia-sia. Karena melakukan kemaksiatan. 


Pacaran tidak diperbolehkan dalam agama kita, karena termasuk aktivitas mendekati perbuatan zina. Sehingga pacaran haram hukumnya. 


Firman Allah SWT:

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.” (QS. Al Isra’: 32)


Aktivitas zina dalam pacaran bisa melalui 4 bagian. Pertama zina mata, seperti memandang-mandang. Kedua, zina tangan seperti memegang bagian tubuh yang belum halal disentuh. 


Ketiga, zina hati, seperti membayangkan dan memikirkan kemaksiatan bersama pacar terus di dalam hati. Dan keempat, zina perbuatan, seperti melakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan. Terjadilah pergaulan bebas. 


Bila ada yang tidak tahu maka tugas kita untuk menyampaikan. Misal, tentang kewajiban menjauhi pacaran dan menutup aurat dengan jilbab, kita tulis di media sosial. Jadi orang-orang yang belum tahu dapat menjadi tahu hukumnya. 


Ingatlah peta kehidupan kita. Dari mana aku berasal? Ya, dari Allah yang menciptakan. Untuk apa aku hidup di dunia? Untuk beribadah kepada Allah. Mengikuti petunjuk hidup (Islam), mengerjakan perintah dan menjauhi larangan-Nya. Lalu, akan kemana setelah mati? Akan kembali lagi kepada Allah. Mempertanggungjawabkan perbuatan kita selama di dunia. 


Jadikan hukum syara standar dalam perbuatan. Ada yang wajib, sunnah, mubah, makruh, dan haram. Pegang teguh Al-Qur'an, hadits, ijma sahabat, dan qiyas sebagai sumber hukum perbuatan. So, tinggalkan pacaran tingkatkan ketakwaan![]



*) Pelajar MTs Kelas VIII D, Anggota Komunitas Muslimah Banua Menulis


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!