Wednesday, May 16, 2018

Puasa hari Pertama bersama Kurma


Oleh : Siti Rahmah


Alhamdulillah doa yang senantiasa di panjatkan supaya kita bisa bertemu dengan bulan yang penuh keagungan dan kemulian yaitu bulan ramadhan ternyata Allah kabulkan. Tepat hari ini kita memasuki puasa hari pertama di bulan ramadhan, puasa yang di jalankan oleh seluruh ummat muslim sedunia. Tiada kebahagian yang lebih besar bagi seorang muslim di bandingkan bisa bertemu dan meraup semua keutamaan ibadah di bulan ramadhan. 


Di bulan ramadhan Allah melipat gandakan ganjaran pahala setiap manusia, bahkan khusus untuk yang melaksanakan puasa ramadhan Allah membalasnya secara langsung. Seperti yang di tuturkan baginda Nabi dalam hadistny, Rosululloh saw bersabda; " Setiap amal anak adam adalah baginya, kecuali siam. Karena sesungguhnya ia adalah untuk Ku dan Aku yang akan membalasnya". (HR. Bukhori) 


Begitulah utamanya berpuasa di bulan ramadhan balasan dan limpahan pahala telah Allah curahkan untuk hambaNya yang menjalankan puasa semata - mata karena Allah.


Kurma Sahabat Utama Puasa

Tidak lengkap rasanya bicara puasa tanpa adanya kurma, kurma menjadi bagian terpenting dalam menjalankan ibadah puasa, bisa dikatakan kurma adalah sahabat puasa. Pasalanya kurma juga menjadi bagian dari puasanya Nabi tercinta. Banyak hadits yang mengabarkan bahwasanya Rasululloh senantiasa berbuka dengan menyantap kurma. Sebagaimana di tuturkan dalam hadits Rasululloh bersabda; 


عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ عَلَى رُطَبَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَتُمَيْرَاتٌ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ تُمَيْرَاتٌ حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ


“Dari Anas bin Malik, ia berkata : Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berbuka puasa sebelum shalat dengan ruthab (kurma basah),  jika tidak ada ruthab, maka beliau berbuka dengan tamr (kurma kering), dan jika tidak ada tamr, beliau meminum seteguk air" (HR. Abu Dawud)


Ternyata apa yang di lakukan Rasululloh kala itu, menjadi sebuah kebiasaan yang terus menerus diikuti oleh ummatnya hingga kini, sampai akhirnya banyak ahli meneliti tentang kandungan kurma untuk tubuh manusia. Dan hasilnya di dapatkanlah manfaat yang besar, sampai pada level bukan hanya sebagai suplai untuk tubuh tapi menjadi obat yang ampuh.


Kandungan Kurma yang Istimewa


Diantara keistimewaan kandungan kurma yang khasiatnya bisa langsung di rasakan di saat berbuka puasa adalah kandungan glukosa yang tinggi ada pada kurma. Kandungan ini merupakan sumber energi instan yang sangat bermanfaat bagi tubuh agar bisa langsung mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa. 


Selain itu kandungan gula yang ada kurma yaitu glukosa dan fruktosa adalah zat - zat yang mudah terserap, hanya memerlukan 5-10 menit langsung dapat terserap dalam usus manusia ketika dalam keadaan kosong. Dan keadaan tersebut terjadi pada orang yang sedang berpuasa. Jenis makanan yang kaya dengan kategori tersebut yang paling baik adalah kurma khususnya ruthab (kurma basah) karena kaya akan unsur gula, yaitu glukosa dan fruktosa yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh


Selain keistimewaan yang langsung di rasakan tubuh, keistimewaan lainnya yang ada pada kurma adalah karena Allah yang mengistimewakan. Misalnya dalam Al Qur'an Allah menyebutnya sebanyak dua puluh kali, dalam lima belas ayat, seperti yang terdapat dalam Al Qur'an surat An Nahl ayat 11, Allah SWT berfirman:


"Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untuk kamu tanam-tanaman, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sungguh, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir." (QS. An-Nahl 16: Ayat 11)


Begitu banyak keistimewaan lainnya yang terdapat pada buah kurma seperti halnya keistimewaan yang besar yang ada pada bulan ramadhan. Kandungan yangvluar biasa yang ada pada kurma hanya akan dirasakan manfaatnya oleh orang yang memakannya, begitupun dengan kandungan ramadhan yang istimewa hanya bisa dirasakan oleh orang yang melaksanakan ibadah puasa yang di sertai keimanan dan ketundukan pada Illahi Rabbi.


Waallahualam


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!