Monday, May 7, 2018

Persahabatan yang Menjanjikan Surga


Oleh: Ria Asmara (Anggota Komunitas Revowriter)



Film yang mengangkat tema percintaan selalu mendapat tempat khusus di hati penontonnya. Sebut saja "Dilan" dalam 30 hari penayangannya mampu menembus 6 juta penonton, angka yang cukup fantastis.

.


Begitu juga tidak kalah menariknya. Film yang mengangkat tema persahabatan yang berujung cinta. Bisa bikin baper maksimal. Film Perahu Kertas misalnya. Film yang diangkat dari novel yang berjudul sama. Goresan tinta penulis terkenal Dee Lestari. Yang mengisahkan percintaan antara sepasang sahabat Kugy dan Keenan. Diperankan artis berwajah manis, Maudy Ayunda dan Adipati Dolken, mampu membuat penonton termehek mehek.

.


Siapa yang tidak tau film Kuch Kuch Hota Hai. Film India yang dirilis tahun 1998 dan menjadi film India paling fenomenal. Film ini juga mengangkat tema persahatan yang berujung pada cinta. Dibintangi oleh Shah Rukh khan dan Kajol. Film percintaan ini kabarnya membuat ketagihan penggemarnya, sehingga tidak puas hanya sekali tonton saja. 

.


Stop dulu bicara soal film ya..., tulisan ini bukan mau mengupas tentang film. Karena penulisnya bukan pengamat perfilman, juga bukan bintang film??

.


Baiklah, kita akan fokus membahas tentang persahatan. Sahabat tapi mesra, Ehem...??Cerita dalam film Perahu Kertas. Kuch Kuch Hota Hai. Cukup jelas menggambarkan persahatan antara lawan jenis, bisa berujung pada percintaan (pacaran). 

.


Wajar hal ini terjadi. Seperti kata pepatah "witing tresno jalaran soko kulino." Setiap hari jalan bergandengan tangan. Makan sambil curhar-curhatan. Ngopi segelas berdua. Belajar bareng. Nonton bareng. Kursus bareng dan sebagainya. Sampai-sampai gak berasa kalau sudah jatuh cinta. 

.


Bahaya, jika hubungan persahabatan berujung pada cinta terlarang (pacaran). Islam agama yang sempurna. Memiliki paket komplit untuk mengatur seluruh aspek kehidupan. Tidak terkecuali hubungan antara pria dan wanita. 

.


Islam membolehkan interaksi antara pria dan wanita. Untuk melaksanakan berbagai taklif hukum. Serta segala aktivitas yang harus mereka lakukan. Islam menetapkan sifat 'iffah (menjaga kehormatan) sebagai suatu kewajiban. Juga menetapkan hukum tertentu yang berkaitan dengan hal ini. yuk...ah, kita cermati beberapa diantaranya:

.


Pria maupun wanita diperintahkan untuk menundukkan pandangan. Misal nih..., ada cowok, sedang santai di depan rumah. Eh...tiba-tiba melintas cewek berambut panjang.Berhidung mancung. Tinggi semampai bak model. Tanpa sengaja tebz...mata mereka beradu. Nah...disaat seperti ini, mereka harus bersegera menundukkan pandangan, bukan saling terngaga dan terpesona. Apalagi kalau sampai si cowok penasaran, bola matanya melompat-lompat. Mengikuti kepergian cewek tanpa hijab itu sampai diujung jalan. Karena merasa terlalu mahal untuk dilewatkan??

.


wanita diperintahkan untuk mengenakan pakaian yang sempurna. Menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan kedua telapak tangan. Tepatnya, harus memakai jilbab dan khimar. Mengikuti trend pakain saat keluar rumah boleh-boleh saja. Tapi tidak keluar dari koridor hukum syara. Bahwa jilbab harus longgar. Tidak menerawang dan lain sebagainya.

.


Wanita dilarang melakukan syafar (perjalanan) selama sehari semalam. kecuali disertai mahromnya. Ingat ya...catet! mahram, bukan pacar??

.


Pria dan wanita dilarang berkhalwat (berdua-duaan). Mojok di cafe berdua. Belanja perlengkapan pernikahan berdua, dan sebagainya. Kecuali jika wanitanya disertai mahram. 

.


Wanita tidak boleh keluar rumah tanpa ijin suami. karena suami memiliki hak atas istrinya. Maka jika istri keluar rumah tanpa ijin suami, perbuatannya termasuk ke dalam kemaksiatan. Ih...serem.! Ditambah lagi, perbuatan seperti ini dianggap nusyuz (membangkang). Sehingga tidak berhak mendapat nafkah dari suami. Nah lho...!

.


Dalam kehidupan khusus Islam menjaga komunitas wanita. Para wanita terpisah dengan kehidupan pria. Seperti di masjid. Di sekolah-sekolah dan lain sebagainya. Wanita hendaknya hidup ditengah-tengah kaum wanita. Begitu juga dengan pria, hidup di tengah-tengah kaum pria. Maka jika wanita melakukan aktivitas yg bersipat umum,seperti jual beli dan sebagainya. Setelah selesai hendaklah segera hidup bersama kaum wanita atau mahram-mahramnya.

.


Islam menjaga agar hubungan kerjasama antara pria dan wanita bersifat umum. Dalam urusan muamalat. Bukan hubungan yang bersifat khusus. Seperti saling mengunjungi antara pria dan wanita yang bukan mahram (ngapel). Atau berdarmawisata jalan-jalan ke pantai misalnya. Karena kerjasama yang ada, seharusnya hanyalah agar wanita mendapatkan apa yang menjadi haknya dan kemaslahatannya. Melaksanakan kewajiban-kewajibannya. Jadi, jika berkunjung ke teman yang bukan mahram untuk pinjam buku catatan. Ya sah-sah saja. Asalkan tidak ada embel-embel yang lain. Sekalian ngopi bareng. Lirik sana sini. Curhat ngalor ngidul dan sebagainya. Intinya tidak "modus" lah ya??

.


Dengan hukum-hukum ini. Islam dapat menjaga interaksi pria dan wanita. Sehingga tidak terjadi interaksi yang mengarah pada hubungan seksual. Interaksi yang terjadi tetap dalam koridor kerjasama semata. Untuk menggapai kemaslahatan. Juga melakukan berbagai macam aktivitas.

.


Interaksi antara pria dan wanita yang mengarah pada hubungan seksual tidak sah. Jika tidak dibingkai dalah sebuah pernikahan. Kalau naksir wanita sholihah yang limited edition. Segera lamar untuk jadi pasangan halal. Jngan sampai keduluan pria lain. Ujung- ujungnya menyesalnya bukan main. Catet! 

.


Hubungan persabatan antara pria dan wanita hanya dapat diwujudkan dalam pernikahan. Istri merupakan sahabat bagi suami. Begitu juga sebaliknya. Pergaulan diantara keduanya tidak lain adalah pergaulan persahabatan. Satu sama lain merupakan sahabat sejati dalam segala hal. Baik dalam keadaan senang maupun susah. 

.


Persabatan yang terjalin antara suami dan istri adalah persahabatan yang dapat memberikan perdamaian dan ketentraman satu sama lain. Persahabatan yang menjanjikan "Syurga."


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!