Monday, May 21, 2018

Ngabuburead Qur'an


Oleh: Irwansyah

(Member Akademi Menulis Kreatif)


Apa kabar cuaca di kota teman-teman hari ini? Kalau di kota saya sendiri lagi musim hujan. Sob, di daerah tempat tinggal saya kalau sore-sore kayak gini apalagi di bulan ramadhan seperti saat ini biasanya jalan, lapangan, dan taman-taman jadi rame sebab orang-orang kebanyakan menghabiskan waktu sorenya untuk menunggu buka puasa tiba alias ngabuburit di tempat-tempat tersebut. 

Ngabuburit memang biasanya populer di waktu bulan ramadhan. Selain jalan-jalan sore ada berbagai macam cara lagi yang dilakukan orang-orang saat ngabuburit. Seperti main game, main kartu, berburu takjil buka puasa, atau sekedar kongkoe barenga teman-teman, ada juga yang menghadiri majelis ilmu, baca qur'an, dan masih banyak lagi.


Ngabuburit itu boleh-boleh saja sob. Namun sangat disayangkan jika ngabuburit itu dilakukan dengan aktivitas-aktivitas yang sia-sia atau Aktivitas-aktivitas yang minim pahala.


Kita kan udah tau sob, kalau di bulan Ramadhan Allah menyediakan kuota pahala yang bonusnya berlipat ganda. Simak sabda Rasulullah berikut ini;


"Semua amalan anak adam akan dilipatgandakan (balasannya), satu kebaikan akan dibalas dengan 10 sampai 700 kali lipat.” Allah Swt. berfirman: “Kecuali puasa, sesungguhnya itu untuk-Ku, dan Aku yang langsung membalasnya. Hamba-Ku telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku."(HR. Muslim)


Sob, sebenarnya ada banyak aktivitas-aktivitas ngabuburit yang bisa mendatangkan banyak pahala. Salasatunya membaca Qur'an.


“Barang siapa yang membaca satu huruf dalam kitab Allah, maka baginya satu kebaikan, dan setiap kebaikan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Saya tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)


Jika dihubungkan dengan hadits yang diriwayatkan oleh Muslim di atas, ketika bulan Ramadhan pahalanya akan dilipatkan hingga 700 kali lipat. Misalnya, kita membaca ayat pertama dari Surah Al-Baqarah, yaitu alif lam mim (3 huruf), kita mempunyai potensi pahala sebanyak 3 x 700 = 2.100 lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa yang hanya 3 x 10 = 30. Wihh banyak benerkan bonus pahalanya.


Kayak gimana tuh sob kalau di bulan ramadhan ini misalnya kita khatam Qur'an satu kali? Penasaran? Mari kita hitung.


Al-Qur’an terdiri atas 30 juz, 114 surah, 6.236 ayat dan 1.027.000 huruf. Jadi, jika kita menghatamkan Al-Qur’an selama bulan puasa kita mempunyai potensi pahala sebanyak 1.027.000 x 700 = 718.900.000. Banyak banget kan sob? Kalau itu diuangkan mah duitnya  lumayan bisa buat bantu lunasin hutang negara kita yang sudah menumpuk, uppss😅 ✌️


Nah sob, dari pada kita ngabuburit dengan aktivitas-aktivitas yang minim pahala mending kita ngabuburead Qur'an . Bonus pahalanya dapat, pintu surga buat kita gak bakal tertutup rapat (insya Allah). Wallahu'alam.


Sekian dulu yah sob.... ☺️😊


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!