Tuesday, May 8, 2018

Menyiapkan Ramadhan Dengan Keren


Oleh : Vivin Indriani 

( Pemerhati Remaja, Pembina Komunitas Remaja Smart With Islam Mojokerto)


Sobat, perhelatan akbar sebentar lagi digelar. Nikmatnya jamuan 24 jam akan bisa dirasakan oleh kaum muslimin di seluruh dunia. Itulah Ramadhan. Bulan yang dinantikan dan ditunggu ummat Islam sedunia. Bulan penuh aktivitas ibadah. Bulan penuh ganjaran berlipat-lipat bila kita memenuhinya dengan amal-amal kebajikan. Dan semua bisa didapatkan sehari semalam 30 x 24 jam sampai bergantinya bulan baru yakni bulan Syawal.

Nah sebagai remaja, tidak afdhol jika bulan penentu kemenangan dan kesuksesan dunia akherat ini terlewatkan begitu saja. Penentu dunia karena banyak aktivitas produktiv bisa dikerjakan di bulan ini. Apalagi di tahun ajaran ini semua sekolah baik SMP maupun SMA rata-rata meliburkan diri. Ada banyak kegiatan positiv bisa dirancang untuk mengisi bulan Ramadhan sambil tetap bisa melaksanakan aktivitas berpuasa dan ibadah mahdloh lainnya.

Penentu akherat karena disamping semua ibadah mahdloh kita dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT, tetapi semua aktivitas positive yang bernilai ibadah, diniatkan untuk beribadah dan dikerjakan demi memperoleh ridho Allah juga akan diganjar pahala berlipat-lipat. Alangkah banyak keuntungan yang didapat di bulan mulia dan penuh berkah ini.

Namun, tidak semua remaja bisa dengan begitu mudahnya mempersiapkan dan merencanakan segudang aktivitas bermanfaat di bulan ini. Ada yang kebingungan memilih aktivitas. Ada yang tidak punya gambaran mau beraktivitas apa. Bahkan ada yang cuek beiebeh merasa tidak memiliki kepentingan apapun dengan bulan Ramadhan. Alhasil, bulan Ramadhan berlalu begitu saja tanpa aktivitas berfaedah sedikitpun.

Berikut ini tips dan trik bagaimana melewatkan Ramadhan dengan tepat dan bermanfaat. Pertama, buatlah target. Apa yang ingin dicapai dalam waktu satu bulan ini. Alangkah lebih baik jika target yang dipasang tidak hanya untuk urusan dunia, tetapi juga bermanfaat untuk akherat. Misalnya, target menghafal al-quran, target mengkhatamkan al-quran, target membaca berapa judul buku, atau target membuat tulisan yang layak cetak di media. Dengan membuat target maka akan membuat segala aktivitas kita punya ukuran. Mana yang lebih dahulu harus dikerjakan dan mana yang harus segera dieksekusi untuk dilaksanakan.

Kedua, buatlah planning atau perencanaan untuk mengerjakan target yang sudah kita sepakati di awal. Perencanaan memudahkan kita mentaati setiap kebijakan yang sudah kita buat. Dan memudahkan kita membuat daftar aktivitas sehingga hari-hari selama Ramadhan tidak terisi sia-sia. Ketiga, jangan sendirian. Ajaklah teman, sahabat atau bahkan anggota keluarga dirumah untuk ikut serta dalam rencana dan target kita. Atau minimal mereka mengetahui target kita. Sehingga diharapkan ketika kita mulai melemah atau mulai tidak konsisten dengan janji yang kita buat selama Ramadhan, mereka bisa membantu mengingatkan dan memberikan semangat. 

Keempat, action. Lakukan semua target yang sudah kita sepakati. Semua target dan perencanaan akan sia-sia jika kita tidak memulai langkah pertama untuk melaksanakannya. Ada aksi ada reaksi. Jika kita mengupayakan untuk melaksanakannya maka in sya Allah kita akan menuai hasil dan manfaatnya. 

Kelima, niatkan memperoleh ridho Allah. Setiap amalan tergantung niatnya. Demikian pernah disampaikan Rasulullah Muhammad saw. Semua yang kita kerjakan di bulan Ramadhan ini tergantung niat kita. Jikalau sejak awal kita menata aktivitas kita semata-mata untuk kepentingan dunia, maka hanya itu saja mungkin yang akan kita dapatkan. Namun jika kita niatkan hati dan pikiran kita, mencurahkan semua tenaga kita karena Allah, dan semata-mata mengharap ridho-Nya, in sya Allah tidak hanya manfaat duniawi yang kita dapat. Namun keberkahan, pahala dan keridhoan Allah pun akan kita peroleh.

Jadi sangat penting bagi kita untuk mulai mempersiapkan segala sesuatu menjelang bulan Ramadhan ini ya,sobat. Supaya setiap aktivitas dan ibadah kita di bulan Ramadhan ini menjadi aktivitas yang penuh manfaat dan keberkahan. Semoga kita termasuk hamba-hamba Nya yang bersungguh-sungguh dan bersegera mendapatkan kemenangan karena jiddiyyah kita kepada agama dan kehidupan akherat. Aamiin. 



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!