Sunday, May 27, 2018

Menulis dan Kebaikan


Oleh: Sa'adah, S.Pd


Melakukan perbuatan bagi seorang Muslim haruslah memiliki tujuan. Termasuk ketika menjadi seorang penulis. Melakukan perbuatan menulis harus diperhatikan tujuannya. Karena tujuan akan menentukan nilai perbuatan seseorang. Sebagai seorang Muslim kita harus memiliki tujuan Lillah (karena Allah) dan tentunya benar caranya. 


Firman Allah SWT:

"Dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. Dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahalanya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan." (TQS. Al-Baqarah: 110). 


Menulis adalah aktivitas yang akan berniai kebaikan jika niatnya Lillah dan motivasi menulis karena ruhiyah. Pun bekal yang dipersiapkan ketika menulis yaitu ilmu. Dan kesadaran ingin meraih kebaikan, ternyata bisa membuat tulisan kita bermakna. 


Ada sebuah nilai yang mau disampaikan. Mampu menggerakkan pembaca untuk mengikuti apaya yang kita inginkan dari tulisan. Pastinya adalah kebaikan. 


Yakinlah, kita mampu menulis. Karena para intelektual dan ulama terdahulu kita juga sudah membuktikan. Seperti Iman Syafi'i, Ibnu Sina dan lain sebagainya. Kita tinggal mengikuti jalan mereka. 


Pandangan yang benar, "way of life" akan memberikan niai lebih dari tulisan kita dibandingkan tulisan lainnya. "Way of life" di sini adalah Islam. Karena Islam adalah agama yang sempurna yang memberikan pandangan hidup pada kita, yang mampu membawa selamat sampai ke jannah. 


Muslim, maka identitasnya Islam. Memahami Islam itu penting, sebab tanpa Islam identitas kita tidaka akan terlihat. Seorang Muslim tanpa memahami Islam seakan tak bernilai. 


Jadi, tidak cukup hanya beriman tapi harus dibuktikan. Pembuktian itu akan dapat dilaksanakan ketika kita memahami Islam dengan sempurna. Memahami Islam kaffah yang mampu menyelesaikan setiap masalah. 


Islam mampu menyelesaikan semua persoalan, sampaikan hal itu dengan menuliskan. Isi tulisan dengan yang mampu bernilai pahala. Yang akan menyumbangkan kebaikan bagi diri dan orang lain, sebagai amal jariah.[]



*) Pemerhati Remaja dan Keluarga, Anggota Komunitas Muslimah Banua Menulis


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!