Thursday, May 17, 2018

Maksiat, Berasa Ga Maksiat


Oleh: Ana Nazahah


Zaman now, banyak pemaksiat, ga sadar dia lagi maksiat. Puasa jalan, maksiat juga jalan. 

"Aduh neng..jangan ngegosip! Ntar puasa kamu batal loh". Pernah denger nasehat begini? Ana pribadi sering banget. Apalagi pas lagi ngumpul bareng teman-teman. Pasti ada aja obrolan seru yang dibicarakan, yang ujung-ujungnya ghibah. Taulah kebiasaan kaum hawa, kalo uda ngumpul.


Nah, saat kita dinasehatin, biasa mingkem sebentar. Setelahnya tetap aja diulangi. Yang anehnya lagi, terkadang nasehat-nasehat ini justru muncul dari pelaku maksiat itu sendiri. Antara sadar atau tidak maksiat sudah menjadi kebiasaan sehari-hari. 


Pernah neh, seorang ibu heboh gara-gara anak gadis tetangganya tampil modis dengan rambut warna-warni. Si ibu meradang, ngatai anak tetanggga sudah salah didikan. Lantas mewanti-wanti anaknya agar tidak ikut-ikutan. katanya bahaya, itu arus liberal dan tidak sejalan dengan agama.


Parahnya, pada saat yang sama Si ibu juga tidak sedang taat-taatnya. Rambut tersanggul keluar rumah dengan kaos oblong berlengan pendek. Langsung tuh si gadis berambut warna-warni balik menyerang. Terjadilah adu mulut, saling serang dan merasa paling benar.


Duuh..Miris banget, masih banyak kok kasus model begini terjadi di luar sana. Maksiat, tapi berasa ga maksiat. Hawa nafsu menjadi pemutus halal-haram. Biasanya kalo uda bahas hal-hal yang haram, pasti  erat sama babi, zina, mencuri. Padahal setiap perintah dan larangan Allah yang dilanggar itu maksiat, bukumnya haram. 


Kebanyakan pemaksiat tidak sadar sedang maksiat, karena tidak tau dan tidak paham. Hanya saja ketidaktauan bukan berarti pembenaran. Lalu seenak kita mengangkangi hukum Allah. Membuat aturan sendiri sesuka hati.


Apalagi jika sudah pernah mendengar teguran dan nasehat dari sesama teman, guru atau ustazah di pengajian. Masih berlaku tidak mau tau? Sungguh kita sudah sangat kelewatan. Kalo begini, apalagi namanya kalo bukan bebal?


Perlu dipahami bahwa di pengadilan Allah kelak tak mudah lolos kita berlenggang. Sekecil zarrahpun perbuatan kita, kelak akan Allah mintai pertanggung jawaban. Emang sudah siap?


#Catatan Ramadhan Day 2


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!