Friday, May 18, 2018

Khilafah : Persoalan Utama Kaum Muslimin


Oleh : Arinta Kumala Verdiana


Kaum muslimin dirudung derita. Sepertinya ini kalimat yang tepat untuk menggambarkan kondisi kaum muslimin saat ini. Jika kita lempar pandangan kita menyusuri kondisi kaum muslimin di berbagai belahan dunia, dengan membuka lebar mata hati, bendungan air mata kita pasti tak akan mampu menahan derasnya air mata. Entah berapa lembar kertas yang kita habiskan jika kita tuangkan hempasan derita kaum muslimin di seluruh dunia ini dalam rangkaian aksara. 


Semenjak runtuhnya Khilafah tahun 1924 penderitaan kaum muslimin seakan tiada ujungnya. Lihatlah saudara-saudara kita di Palestina. Lihatlah saudara-saudara kita di Suriah. Lihatlah saudara-saudara kita di Rohingya. Lihatlah saudara-saudara kita di Xinjian. Mereka terjajah, terusir dari kampung halamannya, setiap hari hidup digelayuti oleh kesengsaraan. 


Lalu bagaimana dengan Indonesia kita tercinta?. Segunung masalah juga menimpa negeri ini. Mulai dari bidang ekonomi, pendidikan, sosial-budaya, kesehatan, hukum dan pemerintahan tak lepas dari masalah. Dan yang sedang  memanas adalah mencuatnya masalah keamanan akibat teror bom di Surabaya. Pengeboman yang terjadi secara beruntun cukup membuat rasa aman menjadi mahal. Dan sedihnya bahwa yang menjadi tertuduh adalah umat Islam sebagai pelaku dari pengeboman-pengeboman yang terjadi. Dengan opini yang bertebaran di media yang mengarahkan dalang dari terorisme kepada muslim dengan identitas tertentu seperti muslimah bercadar, membuat sesama masyarakat bahkan sesama kaum muslimin sendiri jadi saling mencurigai. Tentu membuat suasana menjadi sangat tidak nyaman.  Nah kan, lagi-lagi masalah menimpa kaum muslimin. 


Sungguh, kaum muslimin akan sangat rawan terkepung masalah dan tidak akan pernah terselesaikan selama kaum muslimin tidak punya kekuatan yang melindungi. Kekuatan yang berasal dari sebuah sistem kekuasaan Illahiah yang akan membawa keberkahan dari langit dan bumi. Itulah sistem Khilafah.


Jadi Khilafah ini adalah persoalan utama kaum muslimin. Maksudnya, selama kaum muslimin tidak hidup dalam naungan Khilafah, maka problematika akan terus mengepung kaum muslimin. Jadi persoalan utamanya adalah bagaimana kita berjuang mengembalikan tegakknya Khilafah. Khilafah yang akan menerapkan aturan Islam secara kaffah. Islam adalah solusi problematika umat. Maka ketika Islam dipakai sebagai sistem kehidupan maka akan terselesaikanlah problematika kehidupan kita. 


Karena Khilafah adaalah persoalan kaum muslimin, maka harus menjadi fokus perhatian kaum muslimin untuk untuk diperjuangkan. Maka jika kita mengaku sebagai hamba Allah yang beriman, sebagai konsekwensi keimanan kita yang mengharuskan kita berislam kaffah, sementara sekarang itu tidak bisa terealisasi. Maka dengan kesungguhan, seharusnya kita  mengambil bagian dalam perjuangan ini. Wallahu a’lam bi as Showwab.




Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!