Sunday, May 20, 2018

Karena Nikmat, Jadi Kudu Ta'at 


Oleh: Mira Rahmatul Jannah, S.Pd.I


Tak akan cukup rasanya jika air laut dijadikan tinta untuk menulis rentetan nikmat Yang Allah beri. Karena Adanya begitu banyak nikmat sudah kita miliki. Baik hambanya itu ta'at pada syariahnya maupun banyak maksiatnya.


Diawali dari ketiadaan menjadi ada di permukaan bumi ini, dari keberadaan diciptakan sebagai manusia yang dilebihkan dengan nikmat akal, dibandingkan dengan hewan dan tumbuhan yang tak berakal. 


Dari manusia terlahir dalam keluarga yang beragama Islam. Dimana kita tau Islam adalah agama yang di Ridhai Allah sekaligus 'way of life' yang membawa Rahmatan Lil 'Alamin.


Dan menjadikan Islam sebagai pelita hidup mengisi lorong-lorong kehidupan, adalah nikmat terbesar dan anugerah terindah yang harus kita syukuri.


Bagaimana tidak, Islam memiliki seperangkat aturan yang menjamin kebahagiaan bagi siapa saja yang mau mengamalkannya, alias tidak cuek. 


Mulai dari bangun tidur hingga bangun negara, dari masuk WC hingga masuk syurga. Begitulah komplitnya.


Allah memberikan aturannya sedemikian rupa bukanlah untuk mengekang dan menghambat aktivitas hamba-Nya, melainkan untuk mengatur agar tidak tersungkur. 


Setiap yang diperintahkan untuk dikerjakan maupun yang harus ditinggalkan, selain kewajiban pasti ada Kemashlahatan.


Belum lagi dengan kesehatan, limpahan rahmat, karunia, keberkahan serta segala kemudahan yang telah diterima. Tak akan pernah cukup air laut dijadikan tinta, sekiranya untuk menuliskan rentetan nikmat itu. 


ﻗُﻞْ ﻟَﻮْ ﻛَﺎﻥَ ﺍﻟْﺒَﺤْﺮُ ﻣِﺪَﺍﺩًﺍ ﻟِﻜَﻠِﻤَﺎﺕِ ﺭَﺑِّﻲ ﻟَﻨَﻔِﺪَ ﺍﻟْﺒَﺤْﺮُ ﻗَﺒْﻞَ ﺃَﻥْ ﺗَﻨْﻔَﺪَ ﻛَﻠِﻤَﺎﺕُ ﺭَﺑِّﻲ ﻭَﻟَﻮْ ﺟِﺌْﻨَﺎ ﺑِﻤِﺜْﻠِﻪِ ﻣَﺪَﺩًﺍ


Katakanlah: Sekiranya lautan menjadi tinta untuk (menulis) kalimat-kalimat Tuhanku, sungguh habislah lautan itu sebelum habis (ditulis) kalimat-kalimat Tuhanku, meskipun Kami datangkan tambahan sebanyak itu (pula)".(QS Al Kahf: 109)


Maha Suci Allah atas segala Kekuasaan-Nya. 


Dari itu, bersegeralah kita menuju ampunan Allah pemilik Syurga yang luasnya seluas langit dan bumi. Yang semuanya disediakan untuk orang-orang yang bertakwa alias yang senantiasa bersyukur atas segala nikmat yang telah Allah beri padanya.


Sebagaimana yang tertera dalam Kalam-Nya:


ﻭَﺳَﺎﺭِﻋُﻮﺍ ﺇِﻟَﻰ ﻣَﻐْﻔِﺮَﺓٍ ﻣِﻦْ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ ﻭَﺟَﻨَّﺔٍ ﻋَﺮْﺿُﻬَﺎ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﻭَﺍﺕُ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽُ ﺃُﻋِﺪَّﺕْ ﻟِﻠْﻤُﺘَّﻘِﻴﻦَ


Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa". (QS. Al Imran :133) 


Momentum Ramadhan ini saatnya untuk berbenah. Bujuk rayu dan paksa cinta diri dan jiwa kita untuk ta'at pada seluruh Syari'ah-Nya, kapanpun dan dalam kondisi apapun. Hingga diri menjadi pribadi yang Mumtaz dan mutiara berharga bagi umat dan agama. 


Amin Ya Rabbal 'Alamiin 


Wallahu A'lam bish-shawwab


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!