Tuesday, May 22, 2018

Jalan Mulia Itu Bernama Dakwah


Oleh : Yani Handayani  (Member Akademi Menulis Kreatif)



Dakwah berasal dari bahasa arab yaitu: da’a, yad’uu,dakwatan. Yang artinya mengajak, memanggil, menyeru.  Dakwah ini merupakan aktifitas yang paling tinggi dan  mulia . rasullullah dimasa hidupnya  menghabiskan waktu dengan dakwah kepada orang terdekat beliau. Para sahabat pun juga mengikuti jejak rasul dalam menyampaikan dakwah. Pertentangan sampai pemboikotan di alami oleh rasul dan para sahabat. Namun tak menyurutkan semangat  rasul dan para sahabat untuk  tetap melanjutkan dakwah dengan dibimbing oleh ALLAH langsung melalui perantara malaikat jibril.   Siang malam dakwah sennatiasa menjadi tujuan pengembannya. Dakwah alaminya akan menyebar. Dengan dakwah rasullullah bisa mendirikan sebuah system islam di madinah. Setelah itu diteruskan oleh para khulafaur rasydin sampai masa pemerintahan islam yang terakhir yaitu dinasti usmani di turki. Karena dengan dakwah lah islam akan semkain luas dan diknal oleh penghuni bumi ini.  Sekuat apapun usaha untuk membendung  dakwah akan terus berjalan karena ALLAH sendiri secara langsung yang menjaga dakwah ini. Aktifitas amar ma’ruf nahi mungkar ini merupakan kewajiban yang harus dijalankan setiap muslim.baik laki-laki maupun perempuan kewajibanya sama di dalam dakwah ini tidak ada perbedaan.  Jika dakwah terhenti maka jangan berharap kita bisa mengenal dan merasakan nikmat islam seperti sekarang ini. Sungguh beruntunglah kita yang sampai hari ini detik ini mengambil jalan mulia ini sebagai tujuan utama dalam aktifitas sehari-hari. dulu dimasa Rasull dan para sahabat dalam dakwah masih mengunakan sarana yang seadanya di masa itu. 

 

di dalam suatu hadist dikatakan ."Ketahuilah, sesungguhnya barang dagangan Allah itu mahal. Ketahuilah, sesungguhnya barang dagangan Allah itu adalah surga." (HR. Al-Tirmidzi). Masayallah tak tanggung – tanggung ALLAH memberikan balasanya. Nah sekarang pertanyaanya adalah kira kira-kira tergugah gak ya semngat dalam dakwah ???


 Berbeda dengan kondisi di jaman rasull, pada era sekarang ini  dakwah jauh lebih muda u ntuk dilakukan. Dengan niatan yang kuat dari dalam diri jug Dibantu dengan fasilitas yang serba canggih. Banyak ustad dan ustdzah yang menyampaikan dakwah dengan berbagai macam cara. Ada yang dengan dakwah lewat sosmed, tv dan radio. Ada juga yang melalui lewat desain visual semacam quote. Tak banyak yang mau mengambil kemuliaan itu pada hari ini. Seharusnya dengan mudahnya fasilitas yang ada semakin mengutkan dan menambah semangat dalam berdakwah. Bukan malah bermalas malasan atau diam saja .  tak banyak orang yang mau menjadikan jalan dakwah adalah pilihanya. Yuk sob ambil peranmu di jalan ini, Live is choice.


Sesungguhnyà Allah telah membeli dari orang-orang mü’min, diri dan harta mereka dengan memberikan syurga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah, lalu mereka dibunuh atau terbunuh. Itu yang menjadi janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil, dan Al Qur-an. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan, dan itulah kemenangan yang besar”. (At Taubah: 111)





Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!