Wednesday, May 16, 2018

Jadikan Momen Ramadhan Doa Penolong Umat


Oleh : Putri Mayang

(Muslimah Peduli Generasi)


Tak terasa ramadhan telah tiba bulan yang selalu dirindukan oleh kaum Muslim. Jadikan ramadhan kali ini sebagai pendekatan kita dengan sang pencipta Allah SWT dengan bersyukur, meminta dan memohon dengan panjatan doa yang insyaa allah Allah kabulkan di bulan yang suci dan mulia ini.


Seperti yang diceritakan kepada kami Al-A’masy, dari Abu Shaalih, dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Semua amalan anak Adam akan dilipatgandakan (pahalanya), sebuah kebaikan akan dilipatgandakan dengan sepuluh kali semisalnya hingga tujuh ratus kali lipat. Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Kecuali puasa karena sesungguhnya puasa adalah untukKu dan Akulah yang akan membalasnya, karena ia telah meninggalkan syahwat dan makanannya karena Aku. Dan bagi orang yang berpuasa ada dua kegembiraan, kegembiraan ketika ia berbuka puasa dan kegembiraan ketika ia berjumpa dengan Rabbnya, bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada aroma misik.”

[Shahiih Muslim no. 1153; Sunan Ibnu Maajah no. 1638].



Maka, jangan sia-siakan momentum bulan ramadhan kali ini, panjatkan selalu doa- doa untuk penolong umat, mengingat selalu ada pembataian yang terjadi kepada kaum muslimin seperti di Negara - negara islam terutama Plestina, Suriah, Rohingya dan masih banyak yang lainnya.



Semoga dengan doa yang kita panjatkan dibulan yang mulia ini akan menguatkan kita dalam mengahadapi akhir zaman, dari fitnahnya dajjal.

Selain ikhtiar dan gerakan bersama, yang perlu dilakukan umat Islam agar terhindar dari kezalim adalah dengan memperbanyak doa. Di antaranya adalah doa yang diajarkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yaitu.


"Ya Allah, karuniakanlah kami rasa takut kepada-Mu yang dapat menghalangi kami dari bermaksiat kepada-Mu, dan (karuniakanlah kami) ketaatan kepada-Mu yang dapat menyampaikan kami kepada surga-Mu, serta (karuniakanlah kami) keyakinan hati yang dapat meringankan kami dari berbagai cobaan dunia. Jadikankan kami bisa menikmati dan memanfaatkan pendengaran, penglihatan, dan kekuatan kami selama hidup. Dan jadikan semua itu sebagai pewaris bagi kami (tetap ada pada kami sampai kematian). Jadikanlah kemarahan dan balas dendam kami hanya kepada orang-orang yang menganiaya kami, dan tolonglah kami terhadap orang-orang yang memusuhi kami. (Ya Allah) Janganlah Engkau jadikan musibah kami adalah yang terjadi pada agama kami, dan janganlah Engkau jadikan dunia sebagai tujuan terbesar kami dan puncak dari ilmu kami, dan janganlah Engkau kuasakan atas kami orang-orang yang tidak menyayangi kami."(HR. Tirmizi dan Nasa’i; hasan).


Selain memohon ketaqwaan dan penjagaan iman, doa ini juga memohon agar Allah tidak menguasakan pemimpin-pemimpin yang tidak menyayangi orang beriman. Siapakah pemimpin atau penguasa yang tidak menyayangi orang beriman? Mereka adalah penguasa-penguasa zalim, terlebih jika mereka zalim dan kafir. 


Di dalam Al Quran juga terdapat beberapa doa agar dihindarkan dari fitnah dan penguasaan orang-orang kafir. Di antaranya dalam Surat Yunus ayat 85-86.

 

“Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan kami sasaran fitnah bagi kaum yang zhalim dan selamatkanlah kami dengan rahmat-Mu dari (tipu daya) orang-orang yang kafir” (QS. Yunus: 85-86)


Wallahu a'lam bish shawab.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!