Monday, May 28, 2018

Islam untuk Mengatur Kehidupan


Oleh: Anita Indriani 


Islam adalah agama yang diturunkan kepada nabi Muhammad saw untuk mengatur segala kehidupan. Bisa hubungan dengan Allah SWT, hubungan dengan manusia yang lain. Juga hubungan dengan diri sendiri. 


Ketika kita memiliki masalah, maka selesaikan sesuai dengan aturan Allah SWT. Kalau tidak, bisa banyak yang stress hingga menyebabkan bunuh diri. Indahnya Islam jika kita ikut aturan, hidup jadi lebih tenang. 


Islam sebagai yang mengatur. Syariat Islam juga adalah aturan yang diturunkan oleh Allah SWT untuk umat manusia. Agar manusia dapat hidup dengan tenang. 


Rasulullah saw bersabda: 

”Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa yang menghendaki kehidupan Akhirat, maka wajib baginya memiliki ilmu, dan barang siapa menghendaki keduanya maka wajib baginya memiliki ilmu." (HR. Turmudzi)


Untuk tahu apa saja aturan Allah SWT pun kita harus tahu ilmunya. Harus mencari ilmu. Karena ilmu sangat bisa menjadi amal untuk kita sendiri, maupun orang banyak. 


Allah SWT berfirman:

"Wahai orang-orang yang beriman! Apabila dikatakan kepadamu, "Berilah kelapangan didalam majelis, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan berdirilah kamu, maka berdirilah, niscaya Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang berilmu beberapa derajat". (TQS. Al-Mujadalah: 11). 


Dengan ilmu, kita bisa jadi orang yang hebat dalam segala hal. Contohnya, ilmuwan Islam seperti Ibnu Sina, Fatimah Al-Fihri dan lain-lain. Di mana ilmu mereka dipakai banyak orang untuk kehidupan manusia. 


*)Pelajar SMA kelas XI IPS 2, anggota Komunitas Muslimah Banua Menulis.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!