Wednesday, May 2, 2018

Hilangnya Rasa Malu, Perempuan Masa kini



         Oleh: Novi Ismatul Maula,  S. Pd. 

                 

Sebagian Remaja perempuan masa kini sudah hilang rasa malu dalam dirinya,  dengan azaz kebebasan berekspresi,  mereka melakukan segala cara untuk memuaskan diri.  Tak peduli apakah itu memalukan,  tak peduli apakah itu sesuai etika atau tidak,  tak peduli itu apakah itu melanggar hukum syara' atau tidak. Segala trend yang sedang booming,  wajib mereka coba.  Jika tidak di coba dikatakan "gak kekinian" "kudet" dan sebagainya.  

             

   Kekinian menurut mereka yang memang sedang banya di gandrungi. Seperti selfi - selfi, dengan berbagai gaya muka yang menurutnya itu keren, dengan gaya bibir di manyun - manyunkan, gaya wajah yang mengundang hasrat para laki-laki.  Dan juga trend selfi dari tempat yang biasa sampai yang berbahaya.  Banyak dari mereka yang mencoba selfi di tempat yang bisa mengancam nyawanya,  seperti di rel kereta api, di atas ketinggiantebing atau gedung atau Selfi di zebra cross

            

  Trend video tik tok,  bergoyang-goyang,  entah cuma tangan,  muka,  atau mulut. Beberapa waktu lalu ada kasus tentang ungguhan video menampilkan remaja perempuan yang sedang mengekspresikan dirinya memainkan tangan seperti gerakan menari, sambil diiringi musik. Tak lama setelah itu, remaja dalam video kemudian memeluk jasad kakeknya.  Video ini berdurasi 15 detik.  La haula walaa quwwata illaa billah,  sungguh tak punya rasa malu, hilanglah adab di dalam dirinya. 


Trend video ini juga Tak sedikit para pelakunya oleh perempuan berkerudung.  Mereka berpikir berkerudung bukan berarti membatasi berekspresi.  Maka inilah yang terjadi.  Mereka mengenakan simbol-simbol islam,  tapi perbuatan sangat jauh dari koridor islam. 

           

       Akhwatiifillah. Ketika auratmu kau umbar,  tingkah lakumu yang tak layak di abadikan di media sosial, yang menyaksikan itu jutaan mata.  Bukan perempuan saja,  tetapi kaum adam pun menikmatinya. Mungkin tujuanmu hanya untuk berkspresi saja,  namun ternyata ada foto atau videomu mengundang nafsu para laki-laki.  Se-soleh apapun lelaki sangat sulit sekali untuk menundukkan padangan ketika para perempuan terus menerus mengumba akan tergoda jugar.  Tanpa sadar itu menjadi dosa jariyah.  Apa itu jariyah?  Jariyah artinya mengalir,  maka dosa jariyah itu dosa yang terus mengalir tanpa kau sadar.  Dan ini bisa dibawa sampai mati.  

              sebagai perempuan Selayaknya upayakanlah  memiliki rasa malu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Sesungguhnya setiap agama memiliki akhlak, dan akhlak Islam adalah malu.”

(HR.Ibnu Mâjah dan ath-Thabrâni )

"Malu adalah bagian dari iman, sedang iman tempatnya di Surga dan perkataan kotor adalah bagian dari tabiat kasar, sedang tabiat kasar tempatnya di Neraka.”HR.Ahmad (II/501), at-Tirmidzî (no. 2009), Ibnu Hibbân (no. 1929-Mawârid), al-Hâkim (I/52-53) dari Abû Hurairah.  

       

       Rasulullah mengajarkan diri kita agar memiliki sifat malu.  Karena malu bagian yang tak terpisahkan dari islam.  Malu membawa kebaikan.  Dengan rasa malu manusia enggan berbuat maksiat. Sifat malu ada pada tabiat setiap manusia,  namun malu juga harus diupayakan.  Malu terhadap segala kemaksiatan,  malu ketika tak mengikuti aturan Allah.  

       Dan fitrahnya perempuan sifat malunya lebih dominan,  dibandingkan laki-laki. Karena perempuan cenderung perasa. Dan malu inilah yang membuat wanita memiliki nilai tinggi di hadapan laki-laki,  dibanding perempuan yang tidak memliki sifat malu maka akan dianggap lebih rendah.  


     Akhwatii selayaknya dirimu diselimuti dengan rasa malu.  Maka kau kan lebih bermakna dan berharga.  Karena selain kau Indah dengan balutan busanamu yang syar'i,  kau juga akan lebih anggun dengan sifat malu yang membaluti.


Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!