Saturday, May 12, 2018

Cemerlangkan Kilaumu Dengan Iman


Oleh : Arinta Kumala Verdiana,  S. Pd


Kenal Bilal bi Robah?. Kenal dong pastinya. Kalau yang suka baca shiroh shahabat pasti kenal dengan sahabat Rasulullah yang satu ini. Beliau salah satu sahabat yang teristimewa. Meski beliau adalah seorang budak yang kulitnya hitam legam,  tapi namanya tercatat indah di pelangi sejarah. Tahukah apa yang membuat beliau istimewa?. Yaph,  betul sekali !. Iman. Keimanan yang membuat kilau beliau cemerlang. Keimanan beliau yang sekuat bajalah yang membuat beliau istimewa. Keimanan beliau yang sekokoh gununglah yang membuat nama beliau senantiasa terekam dalam ingatan. Keimanan yang mengguncang berhala yang dipuja orang-orang Quraisy sebagai Tuhan.

Kisah beliau yang sangat terkenal adalah saat beliau disiksa oleh tuannya Umayyah bin Khalaf tersebab keimanan Bilal pada Allah.  Suatu hari di siang yang terik, padang pasir seolah berubah menjadi neraka bagi Bilal. Algojo-algojo Umayyah bin Khalaf melemparkannnya ke pasir tanpa pakaian. Lalu mereka tindihkan batu besar yang  panas laksana bara ke tubuh Bilal. Siksaan ini mereka lakukan setiap hari. Tapi sungguh Bilal menanggung siksaan dengan kesabaran yang tak tergoyahkan.

Hingga lunaklah hati  beberapa algojo. Terselip sepercik rasa iba melihat Bilal. Mereka berjanji dan bersedia melepaskannya dengan syarat ia menyebutkan nama-nama Tuhan mereka ' Latta' dan 'Uzza'. Tapi keteguhan Bilal tak terkalahkan. Dan beliau hanya menyebut "Ahad....Ahad...". Meski algojo-algojo Umayyah terus menerus menyiksanya, keteguhan Bilal tak kendur sedikitpun. Hingga datanglah pertolongan Allah. Abu Bakar as Shiddiq menebusnya dan membebaskannya.

Itulah keistimewaan iman. Iman yang menyala dalam diri seseorang akan membuatnya menjadi seseorang yang luar biasa dalam menanggung segala derita demi mempertahankan keimanannya. Iman ibarat pelita yang akan senantiasa menerangi kita. Hingga jelas ke mana arah langkah kita karena kita tahu tujuan hidup kita. 

Jika remaja zaman now ingin selalu tampak glowing (berkilau) dengan make up nya. Atau dengan barang-barang berharga kebanggannya. Maka remaja muslim prasastikan azzam dalam hati untuk cemerlangkan kilau diri dengan iman. Ketika iman terpatri dalam diri,  maka kita akan mampu menyadari posisi diri ini di hadapan Illahi. Bahwa kita ini adalah makhluk (ciptaan) Allah SWT. Kita adalah hamba. Maka sebagai konsekwensiya kita harus senantiasa taat pada seluruh aturan-Nya. Taat tanpa pilih-pilih. Artinya kita tidak boleh hanya mengambil atau memilih sebagain saja aturan untuk kita pakai. Tetapi seluruh aturan baik yang berkaitan dengan hubungan kita dengan Allah,  dengan diri sendiri dan juga berkaitan dengan orang lain. Selamat membuat kilaumu cemerlang dengan iman.






Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!