Thursday, May 3, 2018

Berat Badan Bukan Ukuran Penghisaban


Oleh : Hasna Dieni R 

(Santri Darul Bayan, Jatinangor-Sumedang


Memiliki tubuh ramping, tinggi, tak begitu gemuk atau pun kurus dan semua keadaan tubuh yang tergolong ideal itu sepertinya dambaan para wanita pada umumnya, tak terkecuali para remaja. Entah itu agar lebih percaya diri ketika tampil di muka umum atau mungkin karena ingin lebih menarik perhatian orang-orang di sekitarnya. Banyak anak SMA (Baca: remaja) yang ingin memiliki tubuh yang langsing, sehingga hampir semua cara mereka tempuh.

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKEDAS) tahun 2007, sebanyak 14,8% penduduk Indonesia yang berusia diatas 15 tahun memiliki tubuh yang kurus, sedangkan RISKEDAS tahun 2010 menunjukkan bahwa sebanyak 10,1% penduduk yang berusia 13-15 tahun mengalami tubuh kurus dan sekitar 8,9% dialami oleh mereka yang berusia 16-18 tahun. (Manjilala.info)

Namun, yang terjadi bukan memiliki tubuh langsing tapi malah memiliki tubuh yang kurus hingga kesehatan pun terganggu. 

Bahkan ada sebagian wanita yang akan menjadi stres ketika berat badan mereka yang sudah diatur sedemikian rupa, seketika naik. Mereka sangat ketakutan jika tubuh mereka tidak ideal lagi alias tidak sesuai dengan yang diinginkannya. Padahal ketika berat badan kita semakin naik atau turun tidak akan berdosa dan tidak akan pula dihisab oleh Allah di akhirat kelak. 

Memiliki tubuh yang tinggi atau pendek, gemuk atau pun kurus bukan suatu ukuran diterima atau tidaknya amalan kehidupan kita. Jadi, untuk para remaja tak perlu terlalu mengambil pusing akan ukuran tubuh kita. 

Sebagai seorang muslim yang tujuan hidupnya hanya untuk beribadah kepada Allah dan hanya untuk mendapatkan ridho-Nya. Maka, akan lebih baik jika apa yang lebih kita perhatikan itu amalan kita disetiap harinya. Misalnya, menurunkan berat timbangan dosa kita dengan meninggalkan segala kemaksiatan dan juga menaikkan berat timbangan pahala kita dengan selalu beramal sholeh dan menjalankan syari'atnya secara menyeluruh. Wallahu 'alam bi ash-shawab.. 



Bagikan Yuk!

Pengelola:

Informasi yang ada di web ini semoga bermanfaat buat pembaca sekalian. Amin!

0 comments:

Mohon komentarnya santun dan sopan!